Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo

Teten Ingin Sertifikasi Halal Produk UMKM Dipercepat

Ekonomi UKM Virus Korona Kementerian Koperasi dan UKM koperasi
Ilham wibowo • 14 Agustus 2020 09:10
Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menuturkan bahwa proses mendapatkan sertifikasi halal perlu lebih efisien. Apalagi saat ini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan satu di antara objek utama yang diwajibkan.
 
"Harus ada percepatan dalam proses pendaftaran, pemberlakuan tarif dan kemudahan akses layanan melalui digitalisasi agar dapat menyentuh pelaku UMKM di seluruh pelosok Tanah Air," kata Teten, melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Menurut Teten pihaknya akan terus mendorong kemudahan pelaku UMKM memenuhi persyaratan sertifikasi produk halal. Sosialisasi program percepatan sertifikasi halal pun akan terus dilakukan hingga ke pelosok daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dukungan berupa pendampingan untuk memberikan kemudahan dalam fasilitasi sertifikasi halal," ucapnya.
 
Teten memaparkan perlakuan tarif khusus afirmasi Rp0 dengan kriteria omzet di bawah Rp1 miliar telah diberikan Kemenkop UKM. Sejak 2015-2019 sebanyak 766 UMKM telah difasilitasi memenuhi kriteria sertifikat halal.
 
"Sertifikasi halal ini memberikan dampak rata-rata setiap UMKM mengalami kenaikan omzet usaha sebesar 8,53 persen setelah difasilitasi sertifikat halal," ucapnya.
 
Teten menambahkan, percepatan sertifikasi halal produk UMKM juga seiring gerakan kampanye nasional bangga buatan Indonesia. Beberapa langkah strategis dilakukan yakni kerja sama dengan LPPOM-MUI Pusat sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan melaksanakan program fasilitasi pendaftaran sertifikasi halal produk UMKM.
 
"Kerja sama ini diharapkan memperkuat ketahanan UMKM dalam menghadapi pandemi covid-19 dengan menciptakan efisiensi biaya, terutama dari sisi risiko terhadap kehalalan dan jaminan mutu, kesehatan, keamanan dan keselamatan, khususnya mempercepat kesiapan UMKM mengakses pasar pengadaan barang/jasa ke LKPP maupun akses pasar lainnya," papar Teten.
 
Teten berharap kolaborasi antar kementerian dan lembaga akan terus berlanjut untuk kemajuan UMKM agar mampu bertahan dan merajai pasar lokal maupun global di tengah pandemi covid-19.
 
"Mari bersama-sama kita mempromosikan dan mengangkat gerakan beli produk lokal, koperasi dan UMKM tumbuh," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif