Ilustrasi penyaluran gas industri - - Foto: Antara/ Risky Andrianto
Ilustrasi penyaluran gas industri - - Foto: Antara/ Risky Andrianto

95% Industri Cicipi Harga Gas Murah

Ekonomi perindustrian Kementerian ESDM Gas Industri
Suci Sedya Utami • 29 September 2020 13:10
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan 95 persen industri telah merasakan harga gas murah USD6 per Million British Thermal Unit (MMBTU). Industri tersebut masuk dalam tujuh kategori Perpres 40 Tahun 2016.
 
Ketujuh industri ini antara lain industri pupuk, petrokimia, oleochemical, baja, keramik, kaca dan sarung tangan. Dalam aturan turunannya, terdapat 176 perusahaan yang termasuk dalam kategori tujuh sektor industri tersebut.
 
"Secara garis besar hampir 95 persen dari target tujuh industri yang diamanatkan dalam Perpres 40 sudah diimplementasikan," kata Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI secara virtual, Selasa, 29 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun alokasi gas untuk tujuh sektor industri tersebut sebesar 2.601 Billion British Thermal Unit per day (BBTUD). Ditambah untuk sektor kelistrikan sebesar 1.205 BBTUD.
 
Secara rinci, untuk industri pupuk sebesar 838,46 BBTUD, petrokimia 90,87 BBTUD, oleochemical 33,37 BBTUD, baja 68,34 BBTUD, keramik 112,09 BBTUD, kaca 55,46 BBTUD, dan sarung tangan karet 1,23 BBTUD.
 
Berdasarkan Kepmen tersebut, terdapat 224 kontrak yang terbagi dari kontrak langsung dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Di antaranya 18 kontrak dengan volume 794,46 BBTUD dan kontrak melalui badan usaha niaga sebanyak 206 kontrak dengan volume 405,36 BBTUD.
 
Dari kontrak badan usaha, sebanyak 197 kontrak telah diimplementasikan, sedangkan sembilan lainnya masih belum terimplementasikan. Penyebabnya yakni industri menghentikan kontrak perjanjian jual beli gas (PJBG) atas kemauan sendiri; belum tercapainya kesepakatan komersial antara industri dan pemasok gas; sumber pasokan gas hulu tidak sesuai lokasi konsumen di Cirebon, badan usaha sedang dalam proses pemenuhan ketentuan penyesuaian izin usaha niaga; serta untuk konsumen medan di Medan, harga gas bumi tertentu telah diterapkan tetapi masih proporsional berdasarkan realisasi penerapan penyesuaian gas hulu.
 
"Kami terus lakukan evaluasi, ke depan kita akan memastikan tujuh jenis industri itu betul-betul dapat harga yang diputuskan dalam Perpres 40," jelas Ego.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif