Sriwijaya Air. Foto : MI/Herlina.
Sriwijaya Air. Foto : MI/Herlina.

Korban Jatuhnya Sriwijaya Air Berhak Dapat Ganti Rugi Rp1,25 Miliar

Ekonomi kemenhub sriwijaya air Sriwijaya Air Jatuh
Annisa ayu artanti • 12 Januari 2021 15:51
Jakarta: Maskapai Sriwijaya Air wajib memberikan kompensasi ganti rugi sebesar Rp1,25 miliar kepada setiap keluarga korban jatuhnya pesawat SJ 182. Kompensasi ini sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (PM) 77 Tahun 2011.
 
Pasal 3 aturan tersebut menyebutkan penumpang yang meninggal dunia di dalam pesawat udara karena akibat kecelakaan pesawat udara atau kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara, diberikan ganti kerugian sebesar Rp1,25 miliar per penumpang. Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati membenarkan hal itu.
 
"Ya, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan 77 Tahun 2011," kata Adita kepada Medcom.id, Selasa, 12 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemenhub pun telah memberi tahu maskapai untuk segera memberikan kompensasi ganti rugi tersebut kepada keluarga korban. "Sudah (diberitahu ke maskapai)," ucapnya.
 
Dihubungi terpisah, manajemen Sriwijaya Air memastikan akan terus memfasilitasi kebutuhan keluarga penumpang SJ 182. Begitu juga dengan santunan yang akan diberikan kepada keluarga korban.
 
"Santunan kepada keluarga korban akan diberikan, besarnya akan ditetapkan oleh manajemen Sriwijaya," kata Team Corporate Communication.
 
Direktur Utama Sriwijaya Air Jefferson Jauwena juga menyatakan bahwa Sriwijaya Air siap memfasilitasi kebutuhan keluarga penumpang SJ-182 selama proses identifikasi berlangsung dan segala hak-hak penumpang akan menjadi prioritas Sriwijaya Air untuk diselesaikan.
 
"Sriwijaya Air sejak hari pertama selalu siap berupaya terbaik memberikan pelayanan dan informasi yang dibutuhkan keluarga penumpang SJ 182. Sriwijaya Air juga menjamin untuk memberikan pendampingan yang terbaik dan menjamin memenuhi hak-hak para keluarga penumpang," ujar Jefferson Jauwena dalam keterangan tertulis.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif