Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Foto: MI/Ramdani
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Foto: MI/Ramdani

Bahlil: Ekonomi Indonesia Tetap Tumbuh Meski Hadapi Krisis

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi realisasi investasi Bahlil Lahadalia Krisis Akibat Covid-19
Antara • 25 Januari 2022 19:14
Jakarta: Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan ekonomi Indonesia mampu tetap tumbuh meski menghadapi krisis akibat pandemi covid-19.
 
Dalam Indonesia Economic Outlook 2022, Bahlil mengatakan pertumbuhan itu ditunjukkan dari tercapainya target realisasi investasi 2021 yang dipatok sebesar Rp900 triliun.
 
"Di kuartal keempat (2021), saya kasih bocoran, target investasi kita tercapai. Lebihnya berapa, saya belum bisa umumkan sekarang. Kamis (27 Januari 2022) itu (diumumkan) realisasi investasi," ujar dia, dilansir Antara, Selasa, 25 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahlil menuturkan tercapainya target realisasi investasi itu juga sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pasalnya, investasi bersama dengan konsumsi dan ekspor impor turut mendukung kinerja ekonomi.
 
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi triwulan I-2021 minus 0,74 persen, namun triwulan II sebesar 7,07 persen dan triwulan III sebesar 3,51 persen.
 
"Di kuartal IV, analisa saya berdasarkan data impor barang modal dan bahan baku, serta realisasi investasi, pertumbuhan ekonomi kita akan tumbuh di kisaran 4,8 persen sampai dengan lima persen," imbuhnya.
 
Dengan capaian tersebut, maka secara kumulatif pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun kedua mengalami pandemi diperkirakan bisa mencapai 3,75 persen hingga empat persen.
 
"Kalau ini terjadi, maka kumulatif pertumbuhan ekonomi kita dalam satu tahun yang masih covid 2021 itu bisa mencapai 3,75 persen sampai dengan empat persen. Itu menunjukkan Indonesia, sekalipun dihadapkan pada persoalan krisis, ini masih terus kita jalan," pungkasnya.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif