Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: dok Kementerian BUMN.

Komitmen Erick Thohir Mengembangkan Ekonomi Syariah Indonesia Berbasis Pesantren

Ade Hapsari Lestarini • 13 Januari 2022 19:05
Jakarta: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau karib disapa Gus Ipul mendukung komitmen Menteri BUMN Erick Thohir untuk meningkatkan kerja sama antara Kementerian BUMN dan NU.
 
Kerja sama diinisasi oleh Erick untuk meningkatkan sinergisitas antara pemerintah dan NU dalam sektor perekonomian umat termasuk warga Nahdliyin dan pengembangan ekonomi syariah Indonesia.
 
"Mendukung sekali," tegas Gus Ipul, Kamis, 13 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erick yang juga Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) memiliki sejumlah program dan kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kualitas santri dan perkembangan pesantren di Indonesia. Seperti Program Santri Magang di BUMN, dengan tujuan memberikan para santri akan pengalaman ekonomi, 2000 pertashop khusus pesantren, #MuslimLeaderpreneur dan mengundang penceramah NU untuk mengisi pengajian serta khutbah di masjid-masjid milik BUMN.
 
Senada dengan Gus Ipul, Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) PBNU Faisal Saimima mengatakan  inovasi Erick melalui program dan kebijakan merubah pandangan miring masyarakat terkait paradigma masyarakat atas pesantren yang merupakan tempat orang-orang kuno. Faisal mengatakan langkah mantan Presiden Inter Milan tersebut perlu mendapatkan dukungan dan apresiasi tinggi.
 
"Patut diapresiasi dan didukung. Pesantren sebagai tempat pendidikan ilmu, agama, akidah dan akhlak tentu merupakan bagian penting dari pembentukan peradaban di Indonesia, sejarah bangsa ini sudah mencatat banyak akan hal itu, menjadikan pesantren sebagai mercusuar peradaban," ujar Faisal.
 
"Ini tentu harus kita apresiasi dan kita dukung dengan baik, kita ketahui bersama pesanten sering dipandang sebelah mata oleh beberapa kalangan seperti kuno dan terbelakang," imbuhnya.
 
Selain Program Santri Magang, Erick juga telah membuat Program 2000 Pertashop, yang berkolaborasi dengan pesantren sebagai wujud komitmen membangun ekonomi umat berbasis pesantren. Pembiayaan Pertashop pada ekosistem pesantren ini didukung oleh PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk, hasil peleburan bank-bank syariah ke dalam satu wadah yang digagas oleh Erick.
 
Di samping itu, komitmen Erick untuk mencetak pengusahan muslim terwujud melalui program #MuslimLeaderpreneur. Dalam program tersebut, generasi muda muslim akan mendapatkan pendampingan dan pelatihan UMKM.
 
Faisal pun yakin, bahwa kepercayaan Erick yang ingin menjadikan pesantren sebagai mercusuar peradaban, akan memantik kebangkitan ekonomi di lingkungan pesantren ke depannya. Serta mampu melahirkan muslimpreneur baru dari kalangan santri.
 
"Menurut Saya, komitmen pak Erik Thohir menjadikan pondok pesantren sebagai mercusuar peradaban dapat koheren dengan program peningkatan muslimpreuneur dan pemberdayaan ekonomi nahdliyin," pungkasnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif