Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono - - Foto: dok KKP
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono - - Foto: dok KKP

KKP Baru Tangkap 6 Kapal Ikan Asing Ilegal

Insi Nantika Jelita • 29 Maret 2022 13:42
Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan ada penurunan jumlah penangkapan kapal ikan asing ilegal pada awal tahun ini.
 
Baru enam kapal ikan asing yang diringkus KKP karena melanggar ketentuan Illegal Unreported and Unregulated (IUU) Fishing atau kegiatan perikanan yang tidak sah.

 
"Soal illegal fishing dari negara tetangga semakin tahun, semakin turun. Sampai dengan hari ini, cuma ada enam. Empat dari Malaysia dan dua dari Filipina," ungkapnya di Hotel InterContinental, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa, 29 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada awal 2021, Trenggono berujar ratusan kapal ikan asing ilegal ditangkap KKP. Namun, berangsur turun sampai awal tahun ini. Menurutnya kegiatan penangkapan ilegal justru marak dilakukan oleh kapal lokal. Para oknum tersebut dinilai mengeruk ikan secara berlebihan atau overfishing.
 
"Kapal lokal sendiri yang harus ditata, jadi mereka mengambil (ikannya) itu enggak ada waktunya," ucap dia.
 
Trenggono mengatakan seharusnya ada pembatasan waktu kapan para nelayan mengambil ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI).
 
"Idealnya di negara maju, seperti Eropa itu pengambilan ikan itu ada jadwal, kapan ngambil, ikan jenis apa, yang kecil ikannya di balikin lagi, ini kita akan terapkan," pungkasnya.
 
Sebelumnya, KKP menangkap 21 kapal ikan Indonesia dan satu kapal asing di enam WPPNRI yang tersebar perairan Raja Ampat, Lampung, Selat Peleng, Teluk Tolo, Kepulauan Riau, Laut Sulawesi dan Laut Jawa.

 
Di Raja Ampat, dua kapal ikan Indonesia yaitu KM. Mattajang dan KM. Cahaya Selamat 01 ditangkap oleh Kapal Pengawas (KP) Hiu Macan 04 karena melaksanakan transhipment tidak sesuai ketentuan.
 
Sedangkan 10 kapal ditangkap karena beroperasi tidak sesuai dengan Daerah Penangkapan Ikan. Kapal tersebut adalah KM. Sumber Ekonomi, KM. Putra Harapan 3, dan KM. Garuda Mas ditangkap di perairan Lampung oleh KP. Hiu 10, KM. Nando ditangkap perairan Kepulauan Riau oleh KP. Hiu 17 dan lainnya.
 
(Des)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif