Ilustrasi. Foto: dok MI/Atet Dwi Pramadia.
Ilustrasi. Foto: dok MI/Atet Dwi Pramadia.

Pengertian Leasing, Jenis, Manfaat, serta Contoh Implementasinya

Ekonomi Kredit Ekonomi Indonesia Kredit Perbankan Glosarium Leasing
Eko Nordiansyah • 26 April 2022 13:54
Jakarta: Masyarakat Indonesia mungkin sudah terbiasa mendengar istilah leasing dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, leasing ini diidentikan dengan kepemilikan kendaraan roda dua dengan skema cicilan kepada perusahaan tertentu.
 
Pengertian leasing
 
Dilansir dari laman Sikapiuangmu OJK, Selasa, 26 April 2022, leasing atau sewa guna usaha adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal untuk digunakan oleh penyewa guna usaha (lessee) selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyewa guna usaha (lessee) atau bisa juga disebut sebagai peminjam adalah perusahaan atau perorangan yang menggunakan barang modal dengan pembiayaan dari perusahaan pembiayaan (lessor).
 
Contoh perusahaan leasing
 
Di Indonesia, ada beberapa perusahaan leasing yang akrab di telinga masyarakat, seperti PT Federal International Finance (FIF), PT Astra Credit Companies, PT Oto Multi Artha, PT Bussan Auto Finance, PT Wahana Ottomitra Multiartha, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, hingga PT Summit Oto Finance.
 
Manfaat leasing
 
Menurut laman OCBC NISP, skema pembiayaan satu ini mendatangkan beberapa keuntungan bagi lessor maupun lessee. Adapun manfaat leasing adalah terhindar dari inflasi, tidak perlu jaminan, fleksibel, capital saving, pelayanan cepat, ada perlindungan hukum, serta dapat memperoleh aktiva.
 
Beda leasing motor dengan kredit motor
 
Sementara merujuk laman Mandiri Utama Financeleasing motor berbeda dengan kredit motor. Perbedaanya, nasabah bisa mendapatkan kepemilikan setelah cicilan lunas dalam kredit motor, sedangkan dalam leasing tergantung dengan isi perjanjiannya.
 
Pada prakteknya, di Indonesia ada banyak perusahaan dalam bidang leasing yang juga memberikan layanan untuk kredit motor. Jadi, mereka tidak melulu memperdagangkan sewa guna tetapi juga melayani pembelian sepeda motor secara kredit.
 
Dalam hal ini, ketentuan kredit melalui leasing tertuang dalam Surat Edaran OJK Nomor 47/SEOKK.05/2016. Edaran ini membahas lengkap mengenai ketentuan uang muka bagi pembelian kendaraan bermotor melalui perusahaan pembiayaan.
 
Jadi apabila ingin mengajukan kredit motor, pastikan bukan leasing motor yang diajukan ke perusahaan pembiayaan. Sebelum membeli kendaraan bermotor, menilik perjanjian cicilan secara teliti adalah kewajiban sebagai seorang pembeli.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif