Ilustrasi Penumpang Kereta Api. Foto: Dokumentasi KAI
Ilustrasi Penumpang Kereta Api. Foto: Dokumentasi KAI

Barang Hilang di KA atau Stasiun? Jangan Panik Ini Prosedur Lost and Found KAI

Annisa ayu artanti • 27 November 2025 13:22
Jakarta: Kereta api masih menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat Indonesia, baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh. 
 
Mobilitas penumpang yang padat membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus mengimbau pengguna agar selalu memastikan barang bawaannya sebelum turun.
 
Namun kenyataannya, banyak penumpang yang tanpa sadar meninggalkan barang di gerbong, mulai dari ponsel, tas, hingga dokumen penting. 

Untungnya, KAI sudah menyediakan layanan Lost and Found untuk membantu pengguna mendapatkan kembali barang yang tertinggal.

KAI sediakan layanan lost and found

Untuk mempermudah penanganan barang hilang atau tertinggal, KAI menyediakan layanan Lost and Found di berbagai stasiun. Layanan ini menjadi bentuk komitmen dalam memberikan rasa aman bagi penumpang.
 
Barang yang ditemukan petugas biasanya segera diumumkan lewat pengeras suara. Jika tidak ada yang mengambil, barang akan disimpan di pos pengamanan stasiun dan dicatat dalam sistem Lost and Found.
 
Baca juga: Viral Barang Tertinggal di Commuter Line, KAI Commuter Buka Suara

7 cara lapor kehilangan atau ketinggalan barang di kereta

Merangkum laman Traveloka, bagi penumpang yang mendapati barangnya hilang atau tertinggal di kereta, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:
 
1. Laporkan segera di kereta
 
Jika masih berada di dalam perjalanan, sampaikan laporan kepada kondektur, petugas keamanan, atau customer service on station.
 
2. Datangi layanan Lost and Found
 
Sesampainya di stasiun, kunjungi bagian Lost and Found untuk melapor.
 
3. Berikan detail barang
 
Sampaikan ciri-ciri barang, kode booking tiket, serta lokasi tempat terakhir barang terlihat.
 
4. Jaga kerahasiaan data
 
Jangan memberikan kode booking atau detail barang kepada orang yang tidak berkepentingan demi menghindari penyalahgunaan.
 
5. Verifikasi barang
 
Jika ada barang ditemukan, lakukan pengecekan untuk memastikan barang tersebut benar milikmu.
 
6. Ambil barang dengan prosedur resmi
 
Jika data cocok, barang akan diserahkan kembali oleh petugas setelah proses pendokumentasian.
 
7. Hubungi Contact Center 121
 
Bila tidak sempat melapor langsung, penumpang juga bisa membuat laporan kehilangan melalui Contact Center KAI 121.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ANN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan