Ilustrasi kawasan industri. Foto: Medcom.id
Ilustrasi kawasan industri. Foto: Medcom.id

RI Punya 121 Kawasan Industri untuk Realisasikan Investasi

Ekonomi kawasan industri realisasi investasi
Ilham wibowo • 12 Oktober 2020 18:09
Jakarta: Fasilitas kawasan industri yang terintegrasi siap mengakomodasi realisasi investasi. Keberadaannya telah tersebar di luar pulau Jawa untuk memacu pertumbuhan ekonomi nasional secara merata.
 
"Hingga Agustus 2020, telah dibangun sebanyak 121 kawasan industri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Dody Widodo melalui keterangan tertulis, Senin, 12 Oktober 2020.
 
Ia memaparkan bahwa dalam lima tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah sebesar 51,25 persen. Kemudian dari sisi luas juga melonjak lebih dari 17 ribu hektare (ha) atau sebesar 47,35 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kawasan industri di luar Jawa mengalami peningkatan sebanyak 14 kawasan dengan penambahan luas lebih dari 9.000 ha. Selain itu, peningkatan persentase luas kawasan di luar Jawa juga lebih tinggi dibandingkan dengan di Jawa," paparnya.
 
Berdasarkan data penjualan lahan di kawasan industri yang dicatat oleh Himpunan Kawasan Industri (HKI) pada 2019, terdapat investasi penanaman modal asing (PMA) sebanyak 42 perusahaan dengan kebutuhan lahan sebesar 371,11 Ha dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebanyak 35 perusahaan dengan kebutuhan lahan sebesar 50,27 ha.
 
"Pada 2020 terdapat investasi PMA sebanyak 20 perusahaan dengan kebutuhan lahan sebesar 61,82 ha dan untuk PMDN sebanyak lima perusahaan dengan kebutuhan lahan 13 Ha," sebut Dody.
 

Ia optimistis realisasi investasi akan terus bermunculan pada waktu mendatang. Hal ini sejalan dengan tekad pemerintah dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif di tanah air melalui pemberian insentif fiskal dan nonfiskal, termasuk juga fasilitasi kemudahan dalam izin usaha.
 
"Diharapkan aturan tersebut memudahkan para investor dalam mengurus perizinan sehingga dapat meningkatkan investasi di sektor industri," tuturnya.
 

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif