CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib. Foto: Dok Pribadi
CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib. Foto: Dok Pribadi

MGN Summit Berupaya Temukan Titik Ekuilibrium antara Pandemi dan Ekonomi

Ekonomi Virus Korona Media Group pandemi covid-19 Konvergensi MGN Media Group News Summit Indonesia 2021
Wandi Yusuf • 20 Januari 2021 10:37
Jakarta: Agenda Media Group News Summit: Indonesia 2021 (MGN Summit) digagas untuk menemukan titik ekuilibrium antara pandemi covid-19 dan ekonomi. Lewat tema pemulihan ekonomi (economy recovery), titik kesetimbangan itu diharapkan muncul.
 
"Yang paling penting adalah pemahaman bersama dulu. Antara kebijakan pemerintah dengan kendala di lapangan. Harus ada dialog yang komprehensif," kata CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib, dalam wawancara Newsmaker Medcom.id, pekan lalu.
 
Sebagai contoh, pemerintah ingin Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi garda terdepan pemulihan ekonomi saat pandemi. MGN Summit berupaya menemukan bagaimana strategi UMKM ini dijalankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagaimana UMKM menjadi supporting system bagi industri yang lebih besar," katanya.
 
Untuk itu, selain mengundang perwakilan pemerintah, diundang pula pelaku sektor industri dan akademisi. Hal ini dilakukan agar ada dialog yang produktif. Agar kebijakan klop dengan keinginan para pelaku industri.
 
"MGN Summit mengharapkan dialog yang produktif semacam itu. Diharapkan ada solusi bersama dari pertemuan ini. Bukan mulai dari nol, tapi mematangkan yang sudah berjalan," kata Mirdal.
 
Baca: 4 Hal Ini Jadi Lokomotif Ekonomi 2021, Media Group News Summit akan Membedahnya
 
MGN Summit merupakan hybrid event yang berupaya menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema "Solusi Maju Bersama' ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli. 
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Centre (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei akan menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit. 
 
Empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (energy go green), dan pariwisata (tourism). Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.
 
(UWA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif