Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: MI/Moh. Irfan.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: MI/Moh. Irfan.

18 Provinsi Setujui Upah Minimum 2021, Ini Daftarnya

Ekonomi upah Kemenaker
Annisa ayu artanti • 28 Oktober 2020 18:09
Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan mencatat sebanyak 18 provinsi telah sepakat dengan penetapan upah minimum 2021 sebagaimana tercantum dalam Surat Edaran Nomor M/11/HK.04/2020.
 
"Berdasarkan pemantauan pada Selasa, 27 Oktober 2020, pukul 16.35 WIB, beberapa daerah telah melaksanakan sidang dewan pengupahan provinsi dalam rangka persiapan penetapan upah minimum 2021 yang telah menghasilkan kesepakatan akan melaksanakan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Ia menyebutkan 18 provinsi tersebut di antaranya Jawa Barat, Banten, Bali, Aceh, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Lalu, provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 26 Oktober, Ida telah menerbitkan surat edaran yang ditujukan kepada para gubernur se-Indonesia. Surat tersebut mengatur tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).
 
Penerbitan surat edaran dilakukan dalam rangka memberikan perlindungan dan keberlangsungan bekerja bagi pekerja atau buruh, serta menjaga kelangsungan usaha. Kemudian perlu dilakukan penyesuaian terhadap penetapan upah minimum pada situasi pemulihan ekonomi di masa pandemi.
 
Penerbitan surat edaran tersebut juga dilatarbelakangi keberadaan pandemi covid-19 yang telah berdampak pada kondisi perekonomian dan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak pekerja termasuk dalam membayar upah.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif