Ilustrasi. FOTO: MI/PALCE AMALO
Ilustrasi. FOTO: MI/PALCE AMALO

Sabang Jamin Stok Bahan Pokok dan Harga Stabil Jelang Iduladha

Ekonomi Harga Sembako Idul Adha sembako
Antara • 07 Juli 2021 08:10
Banda Aceh: Pemerintah Kota Sabang menjamin stok bahan pokok dan harganya tetap stabil di wilayah ujung barat Indonesia itu, menjelang perayaan Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah. Adapun masyarakat diminta tidak berbelanja secara berlebihan karena stok dalam keadaan aman dan guna menjaga stabilitas harga.
 
"Stok bahan pokok kita aman, harga juga masih stabil. Kita selalu mengawasi harga, Alhamdulillah tidak ada yang naik,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Sabang M Yusra, di Sabang, dilansir dari Antara, Rabu, 7 Juli 2021.
 
Yusra menjelaskan pihaknya secara kontinu turun ke lapangan untuk memantau perkembangan harga bahan pokok di pasar, terutama menjelang tradisi meugang di Aceh dalam menyambut lebaran Iduladha 1442 Hijriah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selama kapal penyeberangan ke Sabang terus beroperasi maka stok bahan pokok kita selalu tercukupi," kata Yusra.
 
Biasanya, kata Yusra, komoditas bahan pokok yang sering naik harga menjelang meugang seperti cabai merah dan bawang merah, namun saat ini harga keduanya masih tetap stabil.
 
“Begitu juga dengan stok dan harga bahan pokok seperti beras, minyak goreng, telur, tepung terigu dan telur ayam masih stabil. Apalagi ada pasar murah menjelang Idul Adha untuk lima komoditi ini,” kata Yusra.
 
Pasar murah itu digelar oleh Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) Aceh bersama Disperindagkop UKM Kota Sabang serta Bulog dalam upaya menjaga stabilitas harga bahan pokok.
 
Menurut Yusra setiap komoditas yang ada di pasar murah disubsidi sebesar Rp3.000 per kilogram untuk beras dan tepung terigu serta Rp3.000 per liter untuk minyak goreng. “Sedangkan untuk telur ayam disubsidi sebesar Rp250 per butir. Kalau harga normal gula pasir sekarang sekitar Rp13,500 per kilogram, kalau telur ayam Rp45.000 per papan,” katanya.
 
Pasar murah itu berlangsung selama dua hari mulai Senin, 5 Juli. Pihaknya menerima bahan pokok yang dijual di pasar murah itu sebanyak 6.600 kilogram beras, 6.000 kilogram gula, 750 kilogram tepung terigu, 22.000 butir telur dan 6.000 liter minyak goreng.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif