Ilustrasi. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR
Ilustrasi. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

Bulog Pastikan Stok Gula Aman untuk Natal

Antara • 08 November 2021 07:50
Medan: Perum Bulog Sumatra Utara (Sumut) memastikan bahwa stok gula di daerah setempat masih cukup aman untuk kebutuhan Natal atau ada 273,25 ton. Kondisi ini diharapkan pula bisa menjaga stabilitas harga agar masyarakat bisa mendapatkan komoditas tersebut dengan harga terjangkau.
 
"Belum ada tambahan stok, tetapi ketersediaan masih cukup aman atau sebanyak 273,25 ton," ujar Pemimpin Wilayah Sumut Perum Bulog Arif Mandu, di Medan, dilansir dari Antara, Senin, 8 November 2021.
 
Stok gula yang sebesar 273,25 ton itu, sebagian besar atau 226,20 ton di gudang Bulog dan 47,05 ton ada di gudang pusat penjualan Bulog untuk segera dilepas ke pasar. Menurut dia, permintaan gula menjelang Natal dan tahun baru berada di tren meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun karena gula dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) II cukup banyak beredar di pasar dan gula Bulog juga cukup memadai, ketersediaan di pasar tetap cukup aman. Selain ketersediaan aman, harga jual juga cukup terkendali atau sekitar Rp12.000-Rp12.500 per kg.
 
Harga gula itu di bawah atau sama dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sebesar Rp12.500 per kg. "Diyakini permintaan terus menguat karena mendekati Natal dan Tahun Baru. Bulog siap terus mengawal ketersediaan dan kestabilan harga gula," ujar Arif.
 
Kalau nyatanya nanti ada lonjakan harga cukup besar, maka Bulog akan melakukan stabilisasi harga atau melakukan operasi pasar.
 
Direktur PTPN2 Irwan Perangin-angin, mengatakan, perusahaan itu akan terus menggelontorkan gula produksi perusahaan itu di pasar. Setelah sejak 30 September 2021, gula Walini produksi PTPN II dengan kemasan satu kg mulai masuk ke pasar modern maka pemasaran gula itu akan dikembangkan terus.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif