Ilustrasi logo LG - - Foto: dok AFP
Ilustrasi logo LG - - Foto: dok AFP

LG Bakal Groundbreaking Pabrik Baterai Mobil Listrik Pekan Depan

Ekonomi mobil listrik lg hyundai Kendaraan Listrik Kementerian Investasi
Eko Nordiansyah • 08 September 2021 17:34
Jakarta: Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan konsorsium LG Energy Solution (LGES) dan Hyundai Mobis Co. Ltd akan melakukan groundbreaking pembangunan pabrik baterai mobil listrik pada pekan depan.
 
"Tanggal 15 (September) besok kita groundbreaking pabrik LG yang kami teken di awal 2021 sebesar USD9,8 miliar," kata Bahlil dalam webinar, Rabu, 8 September 2021.
 
Ia menambahkan pembangunan pabrik baterai mobil listrik ini akan membuat Indonesia menjadi produsen terbesar. Selain itu, keberadaan pabrik baterai mobil di dalam negeri akan mendukung hilirisasi produk nikel sebagai bahan baku utamanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahlil menyebut, pemerintah ingin membangun pabrik baterai sel terlebih dahulu dibandingkan membangun smelter untuk pengolahan nikelnya. Sebab pemerintah tidak ingin nantinya nikel hanya diekspor menjadi setengah jadi atau dalam bentuk mentah.
 
"Jadi kita mulainya bukan dari hulu tapi dari hilir. Kita hajar bangun baterai selnya, jadi bukan dari smelternya. Karena kalau dari smelter-nya itu tidak menutup kemungkinan itu barang setengah jadi kita kirim," ungkapnya.
 
Dengan adanya pembangunan pabrik baterai sel ini, ia berharap industri turunannya bisa ikut terbangun di Indonesia. Dengan begitu, seluruh sumber daya alam yang dihasilkan bisa diolah agar mempunyai nilai tambah dibandingkan ekspor mentah.
 
"Ini adalah strategi dan ini pasti berkelanjutan agar sumber daya alam kita, tidak kita kirim hanya berbentuk mentah. Kalau kirim berbentuk mentah, ini mengirim tanah air bukan lagi mengirim sesuatu produk hilirnya," pungkas dia.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif