Ilustrasi Batu Bara. Foto : MI/SYahrul Karim.
Ilustrasi Batu Bara. Foto : MI/SYahrul Karim.

Kementerian BUMN Atur Langkah Teknis Pembubaran PLN Batubara

Ekonomi batu bara PLN Kementerian BUMN DMO Batu Bara PLTU Larangan Ekspor Batu Bara
Annisa ayu artanti • 14 Januari 2022 11:18
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mengkaji secara teknis rencana pembubaran anak usaha PT PLN (Persero) yakni PT PLN Batubara.
 
"Kami lagi kaji secara teknis untuk pembubarannya, karena kan kita perlu juga harus dihitung teknisnya, hitung teknikalnya, hitung asetnya seberapa banyak," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada wartawan, Jumat, 14 Januari 2022.
 
Ia menjelaskan latar belakang rencana pembubaran PT PLN Batubara adalah untuk efisiensi. Kementerian BUMN menginginkan kedepannya PLN membeli langsung energi primer untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) itu langsung dari produsen batu bara. Dengan begitu biaya yang dikeluarkan PLN untuk memenuhi pasokan batu bara pada pembangkit bisa ditekan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa harus dibubarkan? Salah satunya supaya efisiensi, karena selama ini itu batu bara yang dibeli PLN itu dari PLN batubara. Artinya PLN Batubara beli dari pemilik batu bara lalu masuk ke PLN Batubara lalu jual lagi ke PLN," tuturnya.
 
Arya juga mengungkapkan saat ini Kementerian BUMN memang banyak sekali melakukan efisiensi. Khususnya kepada anak-anak usaha yang dinilai menghambat proses bisnis dan tidak efisiensi.
 
Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga telah memberi sinyal untuk membubarkan anak usaha PLN Batubara. Ia menilai anak usaha perusahaan listrik pelat merah tersebut tidak diperlukan.
 
Adapun upaya pembubaran PLN Batubara ini keluar pascakrisis pasokan batu bara yang berpotensi mengganggu sistem kelistrikan nasional.
 
"Jadi, PLN Batubara ini kan anak perusahaan yang kalau sesuai visi ke depan dari Kementerian BUMN, selalu ingin kita kurangi jumlah anak dan cucu perusahaan, apalagi yang tidak diperlukan. Ini salah satu yang kita tinjau," kata Erick.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif