NEWSTICKER
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.

Punya Pusat Pantau, BKPM Lacak Sumber Penghambat Investasi

Ekonomi bkpm realisasi investasi
Eko Nordiansyah • 23 Maret 2020 13:16
Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ingin menghilangkan penghambat investasi melalui command center atau Pusat Komando dan Pengawalan Investasi (Pusat Kopi). Sistem ini memastikan sumber penghambat investasi sehingga bisa diselesaikan dengan segera.

"Dengan sistem yang ada sekarang itu bisa terdeteksi di kementerian mana mandeknya," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam video conference di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.
 
Apalagi saat ini kementerian/lembaga harus mendelegasikan proses perizinan di BKPM. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha. Dengan demikian, penyelesaian perizinan bisa di BKPM.
 
"BKPM membenah diri untuk mewujudkan agar melahirkan tiga hal yang pertama kecepatan dalam mendapatkan izin, kedua kepastian bagi yang melakukan proses izin, dan yang ketiga efisiensi," jelas dia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama ini BKPM hanya bertugas untuk menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi para calon investor. Namun dengan kehadiran Inpres ini seluruh proses perizinan investasi bisa dilakukan di BKPM karena delegasi kementerian/lembaga sudah ada di BKPM.
 
"Sekarang dengan NIB, notifikasinya tidak perlu lagi kementerian/lembaga tetapi cukup di BKPM, di mana ada pejabat penghubung dan lembaga yang ada di BKPM nanti mereka yang akan membantu untuk melakukan notifikasi proses perizinannya," ungkap dia.
 
"Sampai dengan waktu yang kita akan buat tidak lama seperti dulu. Ini dalam rangka meningkatkan EODB dan sekaligus untuk menargetkan agar realisasi investasi," lanjutnya.

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif