NEWSTICKER
Ilustrasi industri tekstil. Foto: dok Kemenperin.
Ilustrasi industri tekstil. Foto: dok Kemenperin.

Proyeksi Ekspor Tekstil Bisa Terkoreksi 5% per Bulan

Ekonomi industri tekstil tekstil
Ilham wibowo • 23 Maret 2020 18:30
Jakarta: Pandemi virus korona covid-19 dipastikan berdampak pada aktivitas ekspor industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di Indonesia. Proyeksi target pertumbuhan bahkan ikut terpangkas cukup dalam.
 
Wakil Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Anne Patricia Sutanto mengatakan pihaknya telah mendapati penundaan pengiriman barang ke negara tujuan ekspor. Beberapa negara importir juga bahkan telah membatalkan pesanan lataran pemerintahnya tengah fokus menangani covid-19.
 
"Kalau covid-19 sebulan beres mungkin kita terkoreksi lima persen dari yang kita punya, kalau lebih dari itu ya tiap bulan bisa terkoreksi lima persen dari proyeksi tahun ini untuk ekspor," kata Anne saat telekonferensi, Senin, 23 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, pengusaha TPT di Tanah Air saat ini fokus menjaga agar penyebaran covid-19 tak lantas menutup seluruh aktivitas industri. Saat ini, angka pertumbuhan kinerja perusahaan jadi nomor dua setelah masalah kesehatan terpenuhi.
 
"Proyeksi kami tadinya lebih optimistis 10 persen, tapi andai kata flat sama dengan tahun lalu itu bagus," ungkap Vice Chief Executive Officer PT Pan Brothers Tbk ini.
 
Meski kinerja ekspor terkoreksi, industri TPT masih bisa bertahan dengan mengoptimalkan serapan domestik. Hanya saja, kebijakan pemerintah yang mendorong agar mengedepankan dalam kebijakan mendukung produk lokal dari hulu sampai hilir tetap diperlukan agar menekan defisit neraca dagang.
 
"Saya yakin net ekspor minus impor lebih besar tahun ini, secara ketahanan nasional sandang kita akan lebih baik secara nominal, kita akan supply lebih benyak ke domestik daripada ekspor dengan berbagai lockdown di berbagai negara dan kota," tuturnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif