Ilustrasi Bank DKI. Foto: Dok Bank DKI
Ilustrasi Bank DKI. Foto: Dok Bank DKI

Genjot Digitalisasi, Transaksi Mobile Banking Bank DKI Tembus Rp30,63 Triliun

Eko Nordiansyah • 21 Februari 2024 09:30
Jakarta: Bank DKI terus melakukan berbagai upaya pengembangan produk dan layanan berbasis digital. Diantaranya dengan elektronifikasi pembayaran secara terintegrasi pada moda transportasi, tempat wisata, digitalisasi pembayaran di pasar, hingga berkolaborasi dengan BPD, BUMD dan entitas lainnya.
 
“Pengembangan produk dan layanan berbasis digital Bank DKI dilakukan guna memperluas aksesibilitas keuangan masyarakat, serta sebagai upaya mendorong peningkatan daya saing perusahaan untuk terus tumbuh berkelanjutan,” kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 21 Februari 2024.
 
Berdasarkan laporan periode Desember 2023 tercatat jumlah pengguna aplikasi digital Bank DKI, JakOne Mobile telah mencapai 2,23 juta orang, dengan volume transaksi sebesar 29,62 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp30,63 triliun. 

Di akhir 2023, Bank DKI memperkenalkan Jakarta Tourist Pass yang merupakan solusi digital berbasis kartu elektronik (JakCard Bank DKI) dan aplikasi (JakOne Pay Bank DKI) yang dapat digunakan untuk mempermudah wisatawan dalam mengakses layanan pariwisata di Jakarta.
 
Pada awal tahun ini, Bank DKI meraih dua penghargaan sebagai Indonesia’s 20 Top Digital Financial Brands Awards 2024 dan Top Sharia Business Unit in Regional Bank Category dari The Iconomics. Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Henky Oktavianus menyampaikan terima kasih atas penghargaan ini.
 
“Bank DKI senantiasa beradaptasi dengan berinovasi menghadirkan berbagai produk dan layanan digital, salah satunya dengan produk unggulan kami yaitu JakOne Mobile, yang merupakan super apps yang menghadirkan mobile banking dan mobile wallet untuk memenuhi kebutuhan transaksi harian nasabah,” papar Henky.
 
Baca juga: Bank DKI Bikin Program Pinjaman Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Gunadarma

 
Bank DKI juga berinovasi dari sisi perbankan syariah. Contohnya Unit Usaha Syariah Bank DKI yang telah menerapkan Dual Banking Leverage Model (DBLM) yang memungkinkan nasabah yang menghendaki produk dan layanan dengan skema syariah, dapat melakukan transaksi di seluruh Kantor Cabang, termasuk Kantor Cabang Bank DKI Konvensional.
 
Adapun penentuan pemenang Indonesia’s 20 Top Digital Financial Brands Awards 2024, dilakukan melalui tiga tahap penilaian, yaitu Focus Group Discussion, Online Quantitative Survey, dan penilaian, termasuk metode survey online yang melibatkan hingga lebih dari 10 ribu responden di 10 kota besar di Indonesia. 
 
Sedangkan untuk predikat Top Sharia Business Unit in Regional Bank Category, ditentukan melalui penilaian kinerja keuangan dengan pembobotan neraca keuangan sebesar 60 persen , dan laporan laba rugi serta penghasilan komprehensif sebesar 40 persen.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(END)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan