Ilustrasi kereta cepat. Foto: KCIC.
Ilustrasi kereta cepat. Foto: KCIC.

Akhirnya, Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah dalam Final Tes

Antara • 20 April 2023 17:48
Jakarta: PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menginformasikan seluruh rel Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) dilakukan penyesuaian halus atau fine adjustment sebagai salah satu tahapan menjelang commissioning test (tes fungsi). Penyesuaian halus ialah proses tuning atau kalibrasi rel yang sudah dipasangkan.
 
baca juga: Jangan Main-main di Proyek Kereta Cepat? Erick Thohir: Saya Sikat!

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan proses tersebut dilakukan setelah proses track laying atau instalasi rel selesai. Adapun keseluruhan proses instalasi rel sepanjang 304 kilometer (km) sendiri telah selesai pada 31 Maret 2023 dan diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
 
"Pengerjaan proyek KCJB terus dilakukan agar dapat segera dioperasikan. Fine adjustment adalah salah satu proses yang saat ini sedang dilakukan oleh jajaran KCIC dan kontraktor untuk memastikan perjalanan KCJB aman dan nyaman," kata Rahadian, dikutip dari Antara, Kamis, 20 April 2023.
 
KCIC menyatakan penyesuaian halus dilakukan untuk memastikan tidak ada gelombang pada rel KCJB. Hal tersebut penting dilakukan karena rel yang akan dilalui KCJB perlu dipastikan sudah benar-benar lurus dan rata.

Dengan demikian, saat KCJB melaju dalam kecepatan 350 km per jam, penumpang tidak merasakan guncangan yang mengganggu kenyamanan.
 
"Fine adjustment ini adalah satu tahapan dalam persiapan operasional KCJB. Ini tahapan yang penting karena tanpa adanya fine adjustment maka rel tersebut tidak bisa dilalui oleh KCJB yang kecepatannya mencapai 350 km per jam," ujar Rahadian.
 
Selain itu, KCIC juga menginformasikan sebelum penyesuaian halus perlu dilakukan ballast disturbing, yaitu memberikan guncangan pada tumpukan batu ballast di jalur KCJB sesuai dengan kekuatan guncangan KA cepat.

Redam guncangan

Adapun tujuannya untuk meratakan posisi batu ballast agar kuat meredam guncangan KCJB saat melintas. Setelah proses tersebut selesai, mesin penyesuaian halus akan dijalankan di atas rel.
 
Pekerjaan penyesuaian halus sudah dimulai sejak pekerjaan track laying selesai. Hingga saat ini pekerjaan penyesuaian halus sudah mencapai 69,5 persen dan akan terus dipastikan pekerjaan penyesuaian halus tersebut dapat diselesaikan tepat pada waktunya.
 
Rahadian juga menyampaikan seluruh pekerjaan proyek KCJB akan selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan