Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi Bazar Ramadan Apical di di Kantor Kecamatan Kebayoran Baru dan Kalibata City, Jakarta Selatan. Foto: dok Apical.
Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi Bazar Ramadan Apical di di Kantor Kecamatan Kebayoran Baru dan Kalibata City, Jakarta Selatan. Foto: dok Apical.

Top! Produsen Minyak Goreng Dukung Pemerintah Sediakan Minyakita Sesuai HET

Husen Miftahudin • 02 Mei 2023 12:09
Jakarta: Apical Group, salah satu pengolah minyak nabati dan produsen minyak goreng, selama Ramadan telah menggelar kegiatan edukasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14 ribu dan menggelar bazar minyak goreng Minyakita kepada masyarakat.
 
Melalui bazar yang digelar di berbagai lokasi di seluruh Indonesia tersebut diharapkan dapat membantu mendukung ketersediaan Minyakita selama Ramadan untuk masyarakat melalui kemasan baru yang diproduksi Apical melalui PT Asianagro Agungjaya (PT AAJ).
 
Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan (Kemendag) meluncurkan program Minyak Goreng Kemasan Rakyat (MGKR) dengan merek Minyakita yang melibatkan para pelaku usaha, termasuk Apical. Kebijakan tersebut diatur melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 41 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Minyak Goreng Kemasan Rakyat MGKR yang berlaku mulai 8 Juli 2022 lalu.

Adapun, kegiatan bazar dan edukasi HET yang digelar oleh Apical juga dilakukan untuk menyikapi melonjaknya harga Minyakita yang melampaui HET yang terjadi di sejumlah daerah, terutama selama Ramadan dan menjelang Lebaran.
 
"Melalui kegiatan ini, khususnya selama bulan Ramadan, Apical berupaya mendukung pemerintah dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat," ucap Head of Industry & Government Relations Apical Group Manumpak Manurung dalam siaran persnya, Selasa, 2 Mei 2023.
 

Tekan kenaikan harga


Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan selama Ramadan yang telah meninjau pelaksanaan Bazar Ramadan berharap, langkah yang dilakukan Apical dalam membantu masyarakat sekitar agar bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok (bapok) selama puasa dan Lebaran.
 
"Alhamdulillah, melalui Bazar Ramadan yang digelar selama Ramadan, ibu-ibu bisa memperoleh kebutuhan bapok untuk Lebaran seperti tepung, gula, beras, minyak goreng dengan harga sesuai yang ditetapkan pemerintah. Dengan Bazar Ramadan, mudah mudahan kenaikan bisa ditahan tidak terlalu tinggi," ungkap Zulhas beberapa waktu lalu.
 
Dalam penyelenggaran bazar selama Ramadan dan edukasi HET ini, Apical menggandeng PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia sesuai arahan pemerintah.
 
Baca juga: Ini Dia 4 Poin Kebijakan Pengendalian Minyak Goreng, Berlaku Mulai 1 Mei


Seragamkan kemasan Minyakita


Sementara itu, Head of Commercial B2C Apical Ardiahty Bachtiar mengatakan hadirnya Minyakita kemasan baru bertujuan agar masyarakat dapat langsung mengenali produk Minyakita yang diproduksi Apical.
 
"Minyakita kemasan baru ini memperlihatkan identitas Apical, yakni warna kemasan yang sama dengan warna logo perusahaan kami. Kami berharap dengan kemasan baru ini juga dapat lebih dikenal masyarakat karena menawarkan nilai yang berbeda sehingga dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam memilih produk Minyakita yang kami produksi," ungkap Ardiahty.
 
Ia juga menambahkan, Minyakita kemasan baru ini juga dalam rangka menyeragamkan keseluruhan kemasan Minyakita, baik yang diproduksi oleh Apical maupun repacker.
 
"Kemasan baru tersebut akan hadir dalam setiap kemasan produk Minyakita baik kemasan botol satu liter, botol dua liter, kemasan bantal (pillow), semua jenis kemasan isi ulang atau pouch, maupun kemasan jerigen," pungkasnya.
 
*Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id*

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan