Ilustrasi. Dok MI
Ilustrasi. Dok MI

Koperasi Dinilai Punya Peran Utama bagi Perekonomian Nasional

Eko Nordiansyah • 14 November 2022 21:19
Jakarta: Inovasi bagi koperasi adalah sebuah keharusan mengingat koperasi di Indonesia memainkan peran utama bagi perekonomian nasional. Apalagi setelah adanya pandemi covid-19 yang cukup berdampak kepada ekonomi nasional, termasuk koperasi. 
 
"Oleh karenanya Pemerintah membuat program untuk koperasi hadapi situasi pandemi melalui Program Pemulihan Nasional (PEN)," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957, Dave Akbarshah Fikarno Laksono dalam webinar, Senin, 14 November 2022.
 
Ia menyebutkan, langkah pemerintah untuk bantu koperasi melalui Program PEN. Alokasi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto untuk dana bergulir pada program PEN sebesar Rp184,83 triliun itu dinilai sudah tepat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut anggota DPR RI Komisi I Fraksi Partai Golkar ini, stimulus modal kerja melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan suku bunga murah dan tanpa agunan tambahan akan memperkuat sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan koperasi dalam Omnibuslaw.
 
"Namun yang menjadi masalah adalah adaptasi digital yang semakin cepat, maka diperlukan langkah strategis untuk membuat adaptasi koperasi digital, literasi dan penguatan infrastuktur yang juga cepat," ujarnya. 
 
Untuk itu diperlukan beberapa hal untuk pengembangan atau transformasi Koperasi dan UMKM dalam UU Cipta Kerja yakni, transformasi usaha informal ke formal, transformasi usaha perorangan atau skala kecil ke skala keekonomian, transformasi UMKM berbasis kawasan, komunitas, klaster dan rantai pasok. 
 
"Transformasi berbasis teknologi atau transformasi digitalisasi tentunya akan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar kapasitasnya bisa meningkat," jelasnya.
 
Selain itu, ada beberapa keuntungan dari digitalisasi diantaranya memperkuat UMKM untuk beralih ke platform digital, pembentukan akses dan jaringan pasar digital untuk memasarkan produk, dan memfasilitasi ke akses pasar international melalui satu aplikasi digital. 
 
"Maka langkah DPR RI saat ini adalah mendorong Kominfo agar mempercepat akses digital. Dengan infrastruktur digital yang merata di seluruh negeri. Selain itu DPR juga akan mempercepat UU PDP untuk kepastian regulasi pengguna ruang digital, membangun ekosistem digital dengan para pelaku UMKM dan pemerintah, serta aktif mendorong pemerintah untuk membuat pelatihan dalam hadapi era digital," tuturnya.
 
Selain itu ia juga meminta agar pemerintah memprioritaskan percepatan implementasi digitalisasi dan mendorong Pemerintah agar segera memberi kemudahan untuk akses pembuatan platform digital ataupun memberikan pelatihan kepada pelaku Koperasi. 
 
"Yang tidak kalah pentingnya adalah percepatan infrastruktur teknologi informasi, karena informasi yang mudah diakses untuk pelaku Koperasi akan mempercepat pengimplementasian digitalisasi koperasi itu sendiri," paparnya.
 
Baca juga: Pentingnya Transformasi Digital bagi Pelaku Bisnis

 
Sementara itu, anggota Komisi XI DPR RI M Misbakhun menjelaskan keunggulan teknologi blockchain. Menurut dia, blockchain memiliki sistem transaksi yang lebih transparan teknologi ini mampu menyimpan data transaksi secara aman dan transparan. 
 
"Ketika melakukan transaksi, ada public access yang dapat dilihat oleh semua orang tanpa harus memiliki akses login. Selain itu struktur database juga bersifat append only atau hanya bisa menambahkan dan tidak memiliki akses perintah edit. Sehingga hacker tidak akan bisa melakukan hack atau social engineering untuk mengubah data di dalamnya," jelasnya.
 
Dalam blockchain lebih efektif dan efisien, karana pada proses transaksi mata uang konvensional memerlukan waktu yang relatif cukup lama dan terdapat variable faktor kesalahan manusia yang terlibat di dalamnya. Namun, pada teknologi blockchain, transaksi menjadi lebih efisien, cepat dan aman.
 
“Sistem blockchain pun dilengkapi dengan keunggulan enkripsi dengan kriptografi. Sehingga, keamanan transaksi bukan menjadi masalah. Dengan menggunakan kriptografi, histori transaksi tidak bisa diubah karena sudah terenkripsi. Sehingga dapat meminimalisir tindak penipuan,” tutupnya.
 
(END)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif