Menteri BUMN Erick Thohir/Branda Antara
Menteri BUMN Erick Thohir/Branda Antara

Erick Thohir Berkomitmen Memperkuat Ekonomi Umat

M Sholahadhin Azhar • 26 September 2022 21:42
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkomitmen memperkuat ekonomi umat. Menurut dia, Indonesia memiliki masa depan yang menjanjikan terkait hal ini.
 
"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, kita sudah mulai bergerak menjadi produsen bukan lagi konsumen," kata Erick melalui keterangan tertulis, Senin, 26 September 2022.
 
Dia menginisiasi berbagai program konkret untuk tujuan itu, misalnya melalui organisasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Berbagai program konkret terus dijalankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erick mengatakan ada beberapa potensi pertumbuhan ekonomi syariah yang terus digali. Pertama, terkait pertumbuhan ekonomi digital.
 
Kedua, hasil sumber daya alam Indonesia mulai dari pengelolaannya, seperti hilirisasi dan industrialisasi. "Ketiga, pertumbuhan industri kreatif. Tapi saya yakin salah satunya yang sangat penting adalah bagaimana ekonomi syariah ini," ujarnya.
 

Baca: Kembangkan Industri Halal, Erick Ingin Indonesia Jadi Produsen Besar


Dia memprediksi pertumbuhan ekonomi bakal terlihat pada 2023. Erick Thohir ingin menyambut hal tersebut dengan mendorong seluruh pihak fokus pada potensi yang dimiliki Indonesia.
 
Pertama, Indonesia merupakan pasar syariah yang sangat besar. "Kita merupakan negara dengan umat muslim terbesar. Dan kalau dilihat dari data-data industri halal, kita bukan negara yang memproduksi industri halal, kita itu konsumtif industri halal," bebernya.
 
Guna mencapai tujuan tersebut, Erick melirik adanya sisi yang perlu dibenahi. Salah satunya adalah perbaikan keuangan syariah.
 
"Karena dengan adanya darah dari keuangan syariah, kita bisa mendorong potensi-potensi daripada industri syariah," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif