Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto: dok MI
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto - - Foto: dok MI

Airlangga Klaim PSBB Jilid III Tak Bawa Sentimen Negatif ke Pasar

Ekonomi bursa saham pasar modal Airlangga Hartarto PSBB
Eko Nordiansyah • 07 Januari 2021 13:46
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim kebijakan pemerintah untuk kembali memperketat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak direspons negatif oleh pasar. Pasalnya, Indeks Harga Saham Gabungan kembali ke zona hijau.

"Hari ini Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah masuk di jalur positif kembali. Jadi tadi saya monitor angkanya sudah kembali ke 6.127 sehingga tentu direspons secara baik oleh pasar," kata dia dalam video conference di Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Ia menegaskan kebijakan pembatasan kembali aktivitas masyarakat memang harus dilakukan. Apalagi saat ini kasus covid-19 di Indonesia tengah mengalami tren peningkatan, sehingga perlu ada keseimbangan aspek kesehatan maupun ekonomi.
 
Airlangga menambahkan aspek kesehatan dan ekonomi memang menjadi poin penting yang harus berjalan beriringan. Dengan kebijakan yang diambil, pemerintah ingin kegiatan masyarakat tidak terhenti. Namun di sisi lain penyebaran covid-19 bisa ditekan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kebijakan ini betul-betul sesuai dengan arahan Bapak Presiden menjaga keseimbangan antara sektor kesehatan dan sosial ekonomi. Dengan disiplin, masyarakat tetap bisa beraktivitas mencari mata pencaharian tetapi tetap dengan disiplin yang ketat," ungkap dia.
 
Pada pembukaan perdagangan pagi tadi, IHSG dibuka naik sebesar 37,66 poin atau 0,62 persen ke posisi 6.103,34. Sebanyak 157 saham tercatat mengalami penguatan, sedangkan 31 saham melemah, dan 114 saham terpantau stagnan.

 
Investor membukukan transaksi sebesar Rp252,81 miliar dengan volume 264,07 miliar saham. Sementara itu, kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 juga bergerak naik 6,94 poin atau 0,73 persen menjadi 952,61. 
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif