"Hampir semuanya dilakukan digital," kata Sandiaga, dalam konferensi pers daring, dilansir dari Antara, Rabu, 2 Maret 2022.
Konten-konten kreatif diharapkan semakin bertambah sebagai ajang promosi pariwisata, begitu juga dengan standarisasi layanan akomodasi lewat sertifikat CHSE. Langkah ini, kata Sandiaga, perlu didukung oleh berbagai pihak agar hasilnya optimal.
Sandiaga menyebutkan potensi besar desa wisata patut didorong untuk membangkitkan ekonomi serta mewujudkan peluang usaha baru di dunia ekonomi kreatif. Pada 2021, kunjungan ke desa wisata meningkat 30 persen, sebuah angka yang menurutnya tidak kecil di tengah pandemi covid-19.
Indonesia saat ini kian mengarah ke pariwisata berkelanjutan dengan destinasi-destinasi yang menawarkan pengalaman menarik serta keunikan yang ditunjang dengan produk-produk lokal yang khas. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang kini menyasar target 3.000 desa wisata.
Hal itu, tambahnya, diharapkan mendorong desa wisata agar menjadi destinasi liburan yang berkualitas dengan daya saing global. Dibantu dengan banyak pihak untuk memajukan desa wisata, Sandiaga memastikan, ekonomi Indonesia akan tumbuh dan membuat masyarakat lebih sejahtera.
"Kami juga mendorong desa wisata untuk mempunyai event-event berdasarkan kearifan lokal," tutup dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id