Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. FOTO: Kementerian BUMN

Erick Thohir Targetkan Konsolidasi Transportasi Jakarta Selesai di 2023

Antara • 05 Desember 2022 18:30
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan konsolidasi seluruh moda transportasi di DKI Jakarta akan selesai pada 2023. Dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kementerian BUMN ingin ada satu ekosistem besar moda transportasi, khususnya di DKI Jakarta.
 
"Yang sedang kita usahakan adalah konsolidasi seluruh moda transportasi yang ada di Jakarta, antara MRT, LRT, TransJakarta, biar jadi satu ekosistem," katanya, dilansir dari Antara, Senin, 5 Desember 2022.
 
Menurut Erick, dengan terkonsolidasi maka pengguna moda transportasi bisa mendapatkan kemudahan akses. "Sehingga pengguna transportasi bisa dapat kemudahan akses, jadi tidak pusing ganti kartu. Ini kita dorong dari awal, tetapi ini jadi target 2023," tukasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengemukakan, di sisi lain Kementerian BUMN juga terus mendorong penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan LRT Jabodebek, sebagai salah satu pendukung ekosistem transportasi di DKI Jakarta. Proyek KCJB ditargetkan bisa beroperasi sesuai rencana sekitar Juni atau Juli 2023.
Baca: KAI Siapkan LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB untuk Jangkau Stasiun Kereta Cepat

"Kemarin sudah disetujui PMN sebesar Rp3,2 triliun, sudah sepakati dan sekarang sedang diproses di Komisi XI untuk dicairkan akhir tahun," katanya.
 
Tiko, sapaan akrabnya, berharap operasional KCJB bisa dilakukan secara simultan dengan LRT Jabodebek. Ia mengakui operasional LRT Jabodebek memang tertunda dari yang seharusnya pada Agustus 2022 ke sekitar Juli 2023 karena sistem software yang digunakan. LRT Jabodebek rencananya dioperasikan tanpa masinis.
 
"Ini memang tantangan besar, tapi ini lompatan teknologi, semoga kalau berhasil, ini jadi kebanggaan Adhi Karya, KAI, dan INKA yang membangun sistem transportasi berteknologi LRT terkini, yaitu tanpa menggunakan masinis," pungkas Tiko.

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(ABD)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif