Ilustrasi Penumpang Kereta Api. Foto: Dokumentasi KAI
Ilustrasi Penumpang Kereta Api. Foto: Dokumentasi KAI

1 Juta Orang Gunakan Kereta Api selama Masa Libur Nataru

Annisa ayu artanti • 30 Desember 2022 15:30
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, selama delapan hari dilangsungkannya masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023, sebanyak 1.095.714 pelanggan telah bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh ke berbagai tujuan. 
 
Pada periode 22-29 Desember tersebut, KAI melayani rata-rata 136.964 pelanggan per hari, dengan keterisian tempat duduk yang sangat baik mencapai rata-rata 102 persen per hari.
 
Relasi yang menjadi favorit masyarakat pada periode tersebut yaitu rute Jakarta-Yogyakarta pp, Jakarta-Solo pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Purwokerto pp, Bandung-Surabaya pp, Yogyakarta-Surabaya pp, Yogyakarta-Banyuwangi pp, dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, jumlah ini juga mengalami kenaikan sebesar 204 persen dibandingkan periode yang sama di 2021. Hal ini diperkirakan terjadi dikarenakan perubahan persyaratan naik KA dimana tidak lagi ada persyaratan screening covid-19 melalui Antigen atau PCR. 
 
Baca juga: Merasakan Sensasi Naik Kereta Panoramic 

Di samping itu, kapasitas angkut yang telah diperbolehkan menjadi 100 persen serta meningkatnya mobilitas masyarakat yang diiringi penambahan jumlah perjalanan KA secara keseluruhan.
 
"KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah menggunakan layanan kereta api pada masa libur akhir tahun ini. KAI akan terus meningkatkan pelayanan serta mengawal agar seluruh perjalanan KA di masa Nataru ini dapat berjalan aman dan lancar," ujar Joni dalam keterangan tertulis, Jumat, 30 Desember 2022.
 
Sampai dengan 30 Desember 2022, lanjut Joni, total tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual untuk masa Angkutan Nataru yaitu sebanyak 1,6 juta tiket atau sekitar 69 persen dari kapasitas yang disediakan sebanyak 2,4 juta tempat duduk.
 
"Jumlah tersebut akan bertambah karena penjualan masih terus berlangsung. Kami berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia," lanjut Joni.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif