Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen Kementerian Perdagangan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Foto: Dokumen Kementerian Perdagangan

Mendag Pamer 100 Hari Bekerja Bisa Kendalikan Harga Minyak

Annisa ayu artanti • 02 Januari 2023 22:01
Jakarta: Zulkifli Hasan memamerkan kinerjanya selama menjabat sebagai menteri perdagangan. Salah satunya pengendalian harga minyak goreng yang tinggi dan terjadi kelangkaan pasokan di beberapa wilayah Indonesia.
 
"Tidak sampai satu bulan, hanya 21 hari sejak pelantikan, minyak goreng kemasan rakyat dengan merek Minyakita yang dijual sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14.000 per liter berhasil diluncurkan pada 6 Juli 2022," ujar katanya, Senin, 2 Januari 2023.
 
Melalui program Minyakita, dalam kurun waktu 100 hari kerja produk minyak goreng pemerintah tersebut sudah terdistribuskan ke 34 provinsi. Minyakita disebar untuk menekan harga minyak goreng yang melambung saat itu.
 
Ia juga menyampaikan, stabilisasi harga minyak goreng dan barang kebutuhan pokok lainnya sepanjang semester II-2022 berkontribusi meredam laju inflasi di tengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).
 
Baca juga: Mendag Pastikan Stok MinyaKita Masih Banyak di Pasaran 

Hingga November 2022, dia menyebutkan inflasi Indonesia terus melandai. Inflasi umum tercatat 5,42 persen secara tahunan (year on year/YoY), didorong oleh inflasi volatile food sebesar 5,7 persen YoY yang merupakan angka terendah sejak Mei 2022 
 
Untuk menstabilkan kembali harga minyak goreng, ia mengaku kerap kali langsung turun dari pasar ke pasar.
 
“Strateginya adalah komitmen turun langsung dari pasar ke pasar. Jumlahnya sampai hari ini sudah mencapai 44 pasar, dari ujung barat Pasar Al-Mahira Lamdingin Kota Banda Aceh hingga ujung timur Pasar Sentral Remu Sorong Papua Barat. Ke depan saya dan seluruh jajaran di Kementerian Perdagangan akan terus berkeliling memastikan harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok terkendali,” tuturnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
 
(ANN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif