Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Bangkitkan Perekonomian, Sandiaga Ajak Kerja Sama Selandia Baru

Antara • 25 Agustus 2022 21:55
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berupaya membangkitkan perekonomian Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan adalah membuka peluang kerja sama dengan Selandia Baru untuk mendatangkan wisatawan.
 
“Apabila peluang ini dapat digarap secara optimal, maka pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dapat bangkit dan akan mendorong penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas," kata Sandiaga dikutip dari Antara, Kamis, 25 Agustus 2022.
 
Menurut dia, Selandia Baru merupakan salah satu pasar yang sangat strategis bagi pertumbuhan pariwisata di Indonesia. Data Badan Pusat Statistik (BPS) membeberkan kedatangan turis asal Selandia Baru ke Indonesia bertumbuh 14 persen pada 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandiaga menyebut angka wisatawan yang mencapai 128.325 orang itu sangat potensial bagi sektor wisata Indonesia. Apalagi, durasi tinggal mereka antara 10-11 hari.
 

Baca: Sandiaga Uno Berikan Bibit Kambing Bantu Kemandirian Ekonomi Pesantren


"(Potensial) karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif telah menjadi rumah bagi 40 juta masyarakat Indonesia,” kata Sandiaga Uno.
 
Pada kesempatan tersebut, pihaknya menjajaki peluang kerja sama pariwisata dan ekonomi kreatif yang dapat dilakukan antara kedua negara. Penjajakan meliputi rencana peningkatan fekruensi penerbangan hingga pemasaran.
 
“Mudah-mudahan kita bisa saling memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kedua negara, serta dapat membantu mempromosikan dan menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” ucap Sandiaga Uno.
 
Sandiaga juga meminta dukungan kepada Selandia Baru untuk menyukseskan Presidensi G20 2022. Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett berterima kasih atas kesempatan untuk berdialog tentang peluang kolaborasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif
 
“Perbatasan kami telah dibuka kembali sepenuhnya untuk wisatawan pada 31 Juli 2022, dan kami sedang dalam tahapan menyambut kedatangan para wisatawan ke Selandia Baru," ujar Kevins.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif