Komisioner KPPU RI Kodrat Wibowo. Foto: Medcom.id/Antonio.
Komisioner KPPU RI Kodrat Wibowo. Foto: Medcom.id/Antonio.

KPPU Fokus Tindak Pencegahan Pelanggar Usaha saat Pandemi

Ekonomi Dunia Usaha KPPU
Antonio • 12 Agustus 2020 22:29
Bekasi: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengedepankan tindakan pencegahan terhadap kegiatan usaha yang terindikasi melanggar peraturan di tengah pandemi covid-19.
 
"Pada masa pandemi covid ini kami lebih mengedepankanpendekatan pencegahan melalui advokasi. Kalau ada hal-hal yang sifatnya terindikasi melanggar, ya didiskusikan saja dengan kami. Karena kami mencoba mengerti bahwa yang namanya koordinasi dalam kegiatan usaha di pandemi covid dan pascacovid mungkin akan menjadi marak," kata Komisioner KPPU RI Kodrat Wibowo di Bekasi, Rabu, 12 Agustus 2020.
 
Dia mengimbau pengusaha besar, menengah, dan kecil perlu bekerja sama dalam sistem kemitraan untuk meningkatkan laju ekonomi di Indonesia di tengah kondisi pandemi covid-19 saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam kemitraan, kedua pihak mempunyai posisi yang seimbang, tapi posisi tawarnya harus sama, agar sama-sama semuanya maju. Kalau sekarang, kalau kita sifatnya perjanjian murni, pasti yang ada adalah unsur penguasaan, yang kecil pasti akan dikuasai yang besar, walaupun enggak dikuasai, ya dikendalikan dengan cara klausul perjanjian dan lain-lain," paparnya.
 
Presiden Joko Widodo sebelumnya optimistis perekonomian Indonesia membaik di kuartal III-2020. Pemerintah pun telah menggelontorkan banyak stimulus untuk masyarakat.
 
"Kita harapkan, kita ingin tumbuh, tapi ini memang perlu kerja keras," kata Jokowi di Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 Agustus 2020.
 
Jokowi memerintahkan seluruh gubernur, bupati, dan wali kota tak takut membelanjakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dia menuturkan Rp170 triliun dana APBD masih mengendap di bank.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif