Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Importir Gula Sepakat Serap Panen Tebu Lokal Rp11.200/Kg

Ekonomi gula tebu
Ilham wibowo • 11 Juli 2020 17:06
Jakarta: Perusahaan yang mendapatkan izin impor gula telah menyepakati pembelian untuk seluruh gula hasil panen petani tebu di musim giling 2020. Harga serapan gula yang juga disepakati yakni sebesar Rp11.200 per kilogram (kg).
 
Sekjen Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) M. Nur Khabsyin mengatakan bahwa kesepakatan pembelian gula petani antara perusahaan dan APTRI tersebut telah dilaksanakan di kantor Kemenko bidang Perekonomian.
 
Perusahaan yang terlibat di antaranya: PT Sugar Labinata, PT Dharmapala Usaha Sukses, PT Makassar Tane, PT Berkah Manis Makmur, PT Permata Dunia Sukses Utama, PT Sentra Usahatama Jaya, PT Medan Sugar Industry, PT Andalan Furnindo, PT Angels Products, PT Kebun Tebu Mas, PT Adikarya Gemilang, dan PT Priscolin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Telah ditandatangani kesepakatan pembelian gula petani oleh importir gula di kantor Kemenko Perekonomian Jakarta. Kesepakatan kedua belah pihak antara APTRI yang mewakili petani tebu dan pihak importir gula," kata Nur dalam pesan tertulis kepada Medcom.id, Sabtu, 11 Juli 2020.
 
Hadir dalam pertemuan kesepakatan tersebut Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud, Kepala Badan Litbang Kemendag Oke Nurwan, Direktur Impor Kemendag I Gusti Ketut Astawa, serta Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Susi Herawaty. Menurut Nur, kesepakatan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti dengan kontrak perjanjian.
 
"Kami yakin dengan adanya kesepakatan pembelian gula antara APTRI dan perusahaan importir gula dengan harga Rp11.200/kg harga gula akan naik di atas Rp11.200 per kg karena ada sentimen positif terhadap pasar," papar Nur.
 
Hasil kesepakatan bersama perusahaan gula ini akan menambah semangat para petani tebu untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas hasil panen. Hal tersebut dinilai memungkinkan lantaran ketersediaan modal untuk persiapan di musim tanam mendatang dari hasil panen tahun ini.
 
"Kami minta agar petani tebu seluruh Indonesia tidak menjual gulanya di bawah Rp11.200 per kg karna pihak importir sudah siap membeli gula di harga tersebut. Kalau ada pedagang yang membeli di atas Rp11.200 per kg dipersilakan dan malah lebih menguntungkan bagi petani," ungkapnya.
 
(AHL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif