Ilustrasi pemeriksaan rapid test atau PCR Swab - - Foto: Antara/ Risyal Hidayat
Ilustrasi pemeriksaan rapid test atau PCR Swab - - Foto: Antara/ Risyal Hidayat

Lion Air Klaim Awak Kabin dan Penumpang Bebas Covid

Ekonomi lion air berita terkini korona
Suci Sedya Utami • 04 Agustus 2020 15:38
Jakarta: Maskapai Lion Air Group mengklaim awak kabin dan penumpang yang masuk ke dalam pesawat bebas covid-19. Mereka dapat melakukan penerbangan setelah melakukan rapid test atau PCR-Swab dengan hasil non-reaktif atau negatif.
 
Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan semua kru dan penumpang yang masuk ke kabin pesawat dinyatakan sehat dan layak terbang (safe for flight).
 
"Semua kru dan penumpang sebelum masuk ke kabin pesawat telah dilakukan pengecekan kesehatan dan dokumen kesehatan oleh instansi yang diberikan kewenangan," kata Danang dalam keterangan resmi, Selasa, 4 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan penumpang yang lolos untuk melapor (check-in) telah memenuhi ketentuan kesehatan dan dokumennya dinyatakan valid. Kemudian pemeriksaan kesehatan awak pesawat tetap dijalankan sebelum penerbangan (pre-flight health check) guna menentukan kondisi sehat serta layak terbang (safe for flight).
 
Selain itu, pesawat yang dioperasikan dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel kuat dengan tingkat 99,9+ persen menghilangkan partikel seperti virus, bakteri dan jamur, guna membuat sirkulasi udara dalam kabin terjaga baik.
 
"Semua pesawat sebelum dan setelah terbang dilaksanakan penyemprotan desinfektan setiap hari, dalam upaya memastikan sterilisasi dan kebersihan pesawat," jelas dia.
 
Adapun penumpang tertentu yang duduk berdampingan atau bersebelahan tanpa jarak yakni penumpang dengan kategori rombongan atau keluarga yang memiliki hasil PCR atau swab negatif. Sementara penumpang yang bukan dalam satu keluarga atau rombongan diharuskan duduk dalam jarak yang sudah ditentukan.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif