Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Garap Sawah Baru di Kalteng Investasi Bareng BUMN

Nur Azizah • 29 Mei 2020 19:29
Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memaparkan kesiapan pembukaan food estate di Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).
 
"Di sana ada 164 ribu haktare (ha) lahan yang sekarang sudah jadi sawah. Bukan berupa gambut, tapi materialnya atau batuan dan tanahnya adalah tanah aluvial di pinggir Sungai Barito," kata dia usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo melalui konverensi video, Jumat, 29 Mei 2020.
 
Adapun total area lahan sawah ini sebesar 164 ribu ha yang sekarang sudah ditanami secara tahunan sekitar 85 ribu ha. Sementara sisanya sekitar 75 ribu ha sudah berbentuk semak-semak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh karena itu, Basuki menuturkan arahan Presiden terhadap lahan ini akan dilakukan dengan pola investasi bersama Kementerian BUMN. Pihaknya pun sudah berkoordinasi, dan pemerintah hanya menyiapkan prasarananya.
 
"Karena ini prasarananya bukan hanya dari Sungai Barito dan Kapuas, juga dapat dilalui dengan jalan darat jadi lebih murah. Pemerintah hanya memperbaiki saluran irigasi baik sekunder atau primer. Teknologi olah tanamnya sehingga bisa hasilkan produksi yang lebih baik," jelas dia.
 
Food estate merupakan kawasan pangan skala luas terpadu merupakan konsep pengembangan produksi pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan, bahkan peternakan yang berada di suatu kawasan lahan yang sangat luas.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif