Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Perusahaan Manajer Investasi Bantu Sediakan Sumber Air bagi Masyarakat NTT

Husen Miftahudin • 26 Juni 2022 10:13
Jakarta: Perusahaan manajer investasi, PT Insight Investment Management (Insight) bersama Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) memberikan bantuan kepada masyarakat Kampung Praiyawang dan Desa Kambatana, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Bantuan yang diberikan berupa pengadaan sumur dan bak tampung, pemeriksaan kesehatan gratis, bantuan obat-obatan, sembako, serta buku dan alat tulis untuk anak-anak.
 
"Insight melihat kebutuhan air bagi masyarakat di Kampung Praiyawang cukup besar sehingga diharapkan melalui pengadaan sumur bor dan pembangunan bak tampung air dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara bebas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk beternak dan pemenuhan standar tempat wisata," jelas Direktur Utama Insight Ekiawan Heri Primaryanto dalam keterangan tertulis, Minggu, 26 Juni 2022.
 
Ekiawan menambahkan, program CSR tersebut juga sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) secara global. Apalagi, sumber air merupakan hal krusial yang harus diakses oleh masyarakat karena berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari, salah satunya untuk dapat dikonsumsi.
 
"Sebelum mendapatkan bantuan ini, sehari-hari masyarakat biasa mendapatkan air dengan cara membeli air yang dijual menggunakan tangki air," tuturnya.
 
Adapun pengerjaan pengadaan sumur bor air bersih dimulai sejak Januari hingga Maret 2022. Mulai dari proses survei hingga instalasi jaringan pipa semua dimonitor oleh Insight dan YIIM agar memastikan masyarakat sekitar memiliki akses air berkualitas.
 
Bantuan yang diserahkan berupa satu pompa tipe submersible, tiga toren kapasitas 5.200 liter, tiga dudukan toren pasangan batu, instalasi pipa hdpe 1,5 inch 400 meter, biaya instalasi meter listrik PLN 2.200 watt. Saat ini sebanyak 18 kran terinstalasi saluran pipa air dari bak penampung menuju rumah adat dan fasilitas umum menuju puskesmas pembantu.
 
Selain pengadaan sumur bor dan bak tampung air bersih, Insight dan YIIM bersama dengan Sumba Volunteer memberikan bantuan langsung berupa 250 paket obat-obatan, 250 paket vitamin, dua paket alat cek kolesterol, 10 paket strip cek kolesterol, 10 paket strip cek gula darah, 10 paket strip cek asam urat, serta paket jarum lanset.
 
"Bantuan kesehatan pemberian obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga lansia Desa Prai Kilimbatu. Diharapkan dari bantuan tersebut para warga lansia dapat memiliki kehidupan kesehatan yang baik dan berkualitas," pungkas Ekiawan.
 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif