Ilustrasi PLTS Atap. Foto: dok MI/Susanto.
Ilustrasi PLTS Atap. Foto: dok MI/Susanto.

PLN Dukung Implementasi Kebijakan PLTS Atap

Ade Hapsari Lestarini • 12 April 2022 17:34
Jakarta: PT PLN (Persero) selaku BUMN senantiasa berkoordinasi dan berkomunikasi dengan pemerintah melalui Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, dan Kementerian BUMN dalam rangka implementasi kebijakan yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 26 Tahun 2021 tentang PLTS Atap yang Terhubung pada Jaringan.
 
Langkah ini terus dilakukan guna mendukung pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Tanah Air untuk meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT).
 
"Koordinasi PLN dengan kementerian terkait sangat baik dan konstruktif agar kebijakan ini dapat berkesinambungan dan jangka panjang, terutama dalam menjaga dampak pada kondisi fiskal negara dan sustainability keuangan PLN serta pada tataran teknis operasional menyangkut stabilitas dan keandalan sistem dan jaringan listrik dalam melayani pelanggan," ungkap Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 12 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PLN bertanggung jawab menjaga kestabilan dan keandalan sistem listrik pelanggan, sementara PLTS Atap tanpa baterai bersifat intermiten sehingga dalam skala besar berpotensi menyebabkan ketidakstabilan jaringan.
 
Agung menambahkan pada intinya PLN mendukung transisi energi ke energi bersih, termasuk salah satunya melalui PLTS Atap. Namun tentu dengan tetap mempertimbangkan kualitas layanan masyarakat umum.
 
"PLN telah lama mendukung pengembangan PLTS Atap. Hingga Maret 2022, tercatat ada 5.278 pelanggan PLN dengan total kapasitas PLTS sebesar 54.753 kWp," jelasnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif