Alfamart. Foto : Alfamart.
Alfamart. Foto : Alfamart.

Alfamart Hentikan Sementara Penjualan Produk Kinder Joy

Annisa ayu artanti • 13 April 2022 09:41
Jakarta: PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) segera menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella dan dinyatakan aman oleh BPOM.
 
"Kami melakukan penghentian peredaran tersebut sesuai dengan rilis resmi BPOM pada Senin, 11 April kemarin," kata Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman dalam keterangan tertulis, Rabu, 13 April 2022.
 
Ia menjelaskan, manajemen Alfamart telah mengirimkan surat elektronik ke seluruh gerai terkait hal tersebut dan menonaktifkan produk Kinder Joy.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mulai 12 April 2022 produk Kinder Joy kami tarik terlebih dulu dari rak display sambil menunggu keputusan resmi dari BPOM soal keamanannya. Keselamatan konsumen adalah yang utama bagi kami," jelasnya.
 
Ia juga memastikan pihaknya patuh terhadap keputusan resmi BPOM. Apabila BPOM menemukan bahan berbahaya maka produk akan dilakukan retur ke produsen untuk dimusnahkan.
 
Seperti diketahui, perusahaan pembuat cokelat Ferrero menarik beberapa camilan atau snack anak berbentuk telur, Kinder Surprise, di Inggris. Kebijakan ini buntut kasus keracunan akibat bakteri salmonella yang terjadi pada anak-anak di Inggris.
 
"Ini sehubungan dengan hubungan potensial dengan wabah salmonella. Beberapa dari kasus ini adalah anak kecil," tulis Badan Standar Makanan Inggris (FSA), dilansir dari The Guardian.
 
Investigasi yang dipimpin oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), Kesehatan Masyarakat Skotlandia, Badan Kesehatan Masyarakat Wales, dan Badan Kesehatan Masyarakat Irlandia Utara menemukan hubungan antara kasus keracunan salmonella yang dilaporkan di Inggris dan telur Kinder Surprise.
 
Produk yang terkontaminasi adalah 20 gram atau tiga bungkus telur Kinder Surprise dengan tanggal baik digunakan sebelum (best before) antara 11 Juli dan 7 Oktober 2022.
 
Sebagai tindakan pencegahan, Ferrero telah menarik telur Kinder Surprise dan orang-orang disarankan untuk tidak memakannya. FSA mengatakan semua telur itu diproduksi di pabrik yang sama. Produk Ferrero lainnya diperkirakan tidak terpengaruh.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif