Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Biar Enggak Boros Kelola Uang THR, Simak Tips Investasi Berikut!

Ekonomi investasi tunjangan hari raya Aset Kripto Indodax
Husen Miftahudin • 21 April 2022 20:39
Jakarta: Para kaum milenial di Indonesia diimbau untuk tidak boros saat memasuki suasana Lebaran. Meskipun sudah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), kaum milenial perlu tetap menyisihkan sebagian uangnya untuk berinvestasi dan tidak menghamburkan uangnya untuk hal yang tidak perlu.
 
"Salah satu bentuk investasi yang bisa dilakukan adalah dengan aset kripto, yang tentu saja sudah dilegalkan Pemerintah Indonesia. Bahkan, juga sedang banyak digandrungi saat ini. Aset kripto terutama Bitcoin kini sudah semakin mainstream," ucap CEO Indodax Oscar Darmawan dalam keterangan tertulis, Kamis, 21 April 2022.
 
Oscar menjelaskan masuknya institusi investor dan tokoh-tokoh dunia yang turut berinvestasi kripto menandakan kripto sebagai salah satu produk investasi yang semakin masif dimiliki. Nama-nama besar seperti Elon Musk, Michael Saylor, Jack Dorsey, hingga Robert Kiyosaki pun berinvestasi di bitcoin (BTC) dan ethereum (ETH).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyarankan orang orang untuk membeli bitcoin, emas, dan perak untuk menghadapi potensi badai resesi di masa mendatang. Karena dengan kondisi ekonomi negara yang penuh ketidakpastian seperti sekarang ini, bukan tidak mungkin potensi resesi itu akan ada.
 
"Saya menyarankan orang-orang untuk bisa melek investasi dan bisa memilih produk investasi yang tepat. Investasi itu bukan hanya untuk mendapatkan profit tinggi dengan modal pembelian semurah mungkin, namun juga sebagai aset pelindung," tuturnya.
 
Sebagai pelaku industri, Oscar menganggap kripto adalah investasi yang tepat karena memiliki beberapa keunggulan seperti bisa ditransaksikan selama 24 jam setiap harinya tanpa terikat dengan zona waktu, pergerakan harga dari seluruh dunia, serta memiliki inovasi teknologi yang tinggi karena didukung oleh teknologi blockchain yang semakin berkembang.
 
Untuk mencoba peruntungan dalam trading aset kripto, Oscar pun membagikan tips serta saran agar trading kripto dapat menuai profit. Salah satu yang paling penting adalah manajemen waktu dan keuangan.
 
"Menurut saya hal pertama yang dimiliki oleh seorang trader adalah manajemen waktu serta manajemen keuangan yang baik. Seorang trader tidak perlu setiap saat memantau pergerakan kripto, namun perlu menentukan waktu trading yang tepat dan bisa membagi waktu dengan aktivitas lain. Untuk memiliki kemampuan manajemen waktu memang perlu dilatih terus menerus dan tidak bisa instan," jelas Oscar.
 
Selain itu, seorang trader juga perlu memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik dan perlu membuat pos pos keuangan tertentu agar bisa menentukan berapa modal yang akan dikeluarkan untuk trading. Trader pun dapat memanfaatkan fitur stop loss untuk meminimalisir kerugian apabila harga aset tersebut turun lebih dalam lagi.
 
Sebelum bertransaksi aset kripto, seorang trader perlu membuat rencana trading aset kripto mana saja yang akan dibeli serta manajemen resiko jika sewaktu waktu tidak sesuai dengan rencana.
 
"Aset kripto yang akan dibeli harus diperhatikan likuiditasnya. Trader bisa melakukan analisis dengan melihat perkembangan grafik naik turunnya harga aset kripto tersebut ataupun dengan mengumpulkan beragam informasi seperti kapitalisasi pasar, supply dan demand-nya, komunitasnya, teknologinya, dan berita seputar progres aset kripto, termasuk berita perkembangan ekonomi makro dunia," urai dia.
 
Poin terakhir yaitu mampu mengendalikan diri dan menerapkan kedisiplinan berinvestasi. Dalam hal ini, trader perlu berpegang pada rencana trading yang sudah dibuat di awal dan berinvestasi menggunakan uang dingin, sabar, serta tidak terjebak pada rasa Fear Of Missing Out (FOMO).
 
"Dengan terus mempelajari sistem trading kripto bukan tidak mungkin kita dapat menuai profit yang cukup meskipun mungkin dimulai dari uang yang tidak terlalu banyak. Trader juga tidak boleh merasa cepat puas sehingga berhenti untuk belajar ataupun berfokus pada kesalahan dan kegagalan di masa lampau," tutup Oscar.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif