Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Ekosistem Teknologi Finansial Dukung Percepatan Masyarakat Nontunai dan Pemulihan Ekonomi

Ekonomi Fintech Pemulihan Ekonomi Nasional Literasi Keuangan Keuangan Digital
Husen Miftahudin • 20 April 2022 22:00
Jakarta: Realisasi agenda pemerintah dalam membawa Indonesia menuju masyarakat digital atau nontunai (cashless society) terus menunjukkan pergerakan positif yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Mengutip laporan dari Bank Indonesia (BI), total nilai transaksi pembayaran digital dari 2017-2021 menunjukkan peningkatan sebesar 122,89 persen.
 
Berangkat dari hal tersebut, perusahaan Fintech-as-a-Service (FaaS) Digiasia Bios terus mengedepankan kemajuan teknologi melalui produk teknologi finansial yang dimiliki. Komitmen perusahaan untuk menyediakan produk dan layanan dapat menjadi solusi bagi masyarakat, terutama dalam hal pengelolaan keuangan yang hingga saat ini telah berhasil mendukung lebih dari 70 mitra yang tergabung dalam ekosistem Digiasia Bios.
 
"Sebagai perusahaan yang bergerak dengan basis digital, kami terus mengembangkan ekosistem dengan mengintegrasikan teknologi yang kami miliki untuk memperluas layanan digital dan cashless dengan tujuan agar para pelaku bisnis serta masyarakat secara umum dapat semakin mudah beradaptasi dengan pergerakan menuju cashless society," ucap Chief Marketing Officer Digiasia Bios Rully Hariwinata dalam keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, berjalan bersama masyarakat menuju cashless society dilakukan Digiasia Bios melalui KasPro, platform pembayaran digital perusahaan yang telah memegang izin peredaran uang elektronik dan QRIS dari BI sejak Mei 2018. KasPro juga telah bersertifikasi PCI DSS dari QRC Solution, yang semakin memungkinnya untuk membantu masyarakat melakukan berbagai transaksi pembayaran secara digital dengan cepat dan aman.
 
Rully menekankan, dengan sistem kerja sama partnership, KasPro memberikan solusi finansial kepada mitra dan calon mitra melalui layanan yang bervariasi dan customizable serta fitur dan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
 
"Kami memahami setiap bisnis dan kebutuhan pasar terkait pembayaran digital tentunya berbeda satu sama lain. Untuk itu, teknologi dan layanan KasPro terus kami tingkatkan agar senantiasa fleksibel menyesuaikan kebutuhan serta dapat disematkan dalam aplikasi maupun ekosistem apapun. Hal ini kami lakukan untuk terus mendukung transformasi keuangan para mitra, mendorong penyempurnaan dan memperkuat daya saing mereka secara menyeluruh," ungkap Direktur PT Solusi Pasti Indonesia (KasPro) Anggoro Prajesta menambahkan.
 
Anggoro bilang, misi yang dijalankan oleh KasPro juga menjadi langkah yang cukup besar untuk mendukung penyebaran literasi keuangan digital di Indonesia. Hal ini terlihat dari total kerja sama yang telah terjalin melalui model bisnis B2B2C (Business to Business to Consumers) yang ditawarkan oleh KasPro. Hingga saat ini, hampir satu juta pengguna telah terakuisisi melalui layanan KasPro dari seluruh wilayah di Indonesia.
 
Anggoro menjelaskan besarnya angka akses ke layanan KasPro juga sangat terpengaruh karena proses adaptasi perubahan kebiasaan transaksi menggunakan digital setelah adanya pandemi covid-19. Tidak hanya dari KasPro, Digiasia Bios juga melalui produk finansial lain yang dimiliki seperti P2P Lending (KreditPro), Remittances (RemitPro), dan Layanan Keuangan Digital (Digibos), terus menghadirkan inovasi untuk mendukung pemulihan perekonomian nasional hingga pemerataan perekonomian di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
 
"Ekosistem yang telah terbentuk oleh Digiasia Bios bersama para mitra kini tidak hanya berada dalam lingkup industri keuangan, namun juga mencakup berbagai industri lain mencakup FMCG, Retail, dan lain-lain. Hal ini tentu menjadi bukti pencapaian sekaligus motivasi bagi kami untuk terus menghadirkan inovasi terbaik dan mendukung kemajuan perekonomian masyarakat kedepannya," pungkas Rully.

 
(HUS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif