Ilustrasi. AFP PHOTO/Bay ISMOYO
Ilustrasi. AFP PHOTO/Bay ISMOYO

Perizinan Online Terpadu Diyakini Pemacu Investasi di Daerah

Ekonomi investasi BKPM Ekonomi Indonesia
Antara • 10 Agustus 2021 09:40
Samarinda: Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor mengharapkan aplikasi Online Single Submission (OSS) atau Perizinan Online Terpadu bisa memudahkan sistem perizinan usaha, sehingga dampaknya akan berpengaruh positif pada investasi di daerah. Hal tersebut juga diharapkan berkontribusi terhadap perekonomian nasional.
 
"Semoga aplikasi OSS ini bisa memacu daerah meningkatkan investasi, sehingga pendapatan daerah juga meningkat," kata Isran Noor, saat mengikuti peluncuran program sistem Aplikasi Online Single Submission (OSS) oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual di Kantor Gubernur Kaltim, dilansir dari Antara, Selasa, 10 Agustus 2021.
 
Aplikasi OSS yang merupakan gagasan Kementerian Investasi atau BKPM diresmikan secara virtual diikuti Gubernur dan bupati/wali kota serta Kepala DPMPTSP se-Indonesia, pada Senin 9 Agustus 2021. Isran mengatakan saat ini proses perizinan usaha tidak semua berada di daerah. Misalnya terkait izin usaha pertambangan masih dilakukan oleh pemerintah pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Padahal, lanjut Isran, sektor pertambangan ini merupakan usaha yang sangat berkontribusi terhadap pendapatan daerah khususnya di wilayah Kaltim. Saat ini Industri pertambangan batubara masih menjadi sektor penopang perekonomian di Kaltim selain industri kelapa sawit.
 
"Jadi, tak semua izin ada di daerah. Jika, daerah diberikan kesempatan untuk mengawasi, tentu akan mudah pengelolaan investasinya," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif