Para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima bantuan dua kali lipat selama empat bulan ke depan. Foto: Antara.Destyan Sujarwoko.
Para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima bantuan dua kali lipat selama empat bulan ke depan. Foto: Antara.Destyan Sujarwoko.

Penerima PKH Bakal Dapat Bantuan Ganda Selama 4 Bulan

Ekonomi pkh virus corona Stimulus Ekonomi Imbas Korona
Eko Nordiansyah • 08 April 2020 14:12
Jakarta: Para peserta Program Keluarga Harapan (PKH) akan menerima bantuan dua kali lipat selama empat bulan ke depan. Penambahan bantuan ini dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus korona (covid-19).
 
Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan pemerintah telah menambah anggaran bagi keluarga penerima manfaat (KPM). Total Rp37,4 triliun anggaran yang disiapkan bertambah Rp8,27 triliun dari Rp29,13 triliun.
 
"Khusus April ditambah satu bulan sehingga manfaat yang diterima keluarga KPH di triwulan II jadi dobel. Untuk mendukung penanganan daripada bantuan sosial kepada masyarakat," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu, 8 April 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan hanya itu, pemerintah juga menambah saldo dan penerima kartu sembako. Dari 15,2 juta penerima sekaran ada 20 juta keluarga penerima dengan bantuan senilai Rp200 ribu, bertambah Rp50 ribu dari sebelumnya sebesar Rp150 ribu.
 
Askolani menambahkan, upaya ini sebagai langkah untuk membantu menjaga daya beli masyarakat di tengah wabah covid-19. Nantinya pelaksanaan program ini akan dikoordinasi oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dengan pihak terkait.
 
"Anggaran untuk kartu sembako meningkat dari awalnya Rp28 triliun jadi Rp43,6 triliun. Dan ini tentunya kita akan siap dukung kebijakan Perppu dan Perpres yang dijalankan pemerintah dalam waktu ke depan," pungkasnya.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif