Ilustrasi digitalisasi UMKM. Foto Istimewa.
Ilustrasi digitalisasi UMKM. Foto Istimewa.

Media Sosial Jadi Platform 'Pencari Cuan' Penting bagi UMKM

Husen Miftahudin • 30 Oktober 2023 17:39
Jakarta: Media sosial dinilai menjadi salah satu media utama dalam mempromosikan barang dagangan para pelaku UMKM. Salah satu media sosial yang kerap digandrungi UMKM adalah SnackVideo, platform media sosial video pendek.
 
SnackVideo bahkan membuka peluang terciptanya kolaborasi dengan individu, komunitas, dan dunia usaha, termasuk UMKM. Kolaborasi dengan UMKM ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata SnackVideo untuk meningkatkan jumlah wirausahawan atau pelaku UMKM di Indonesia.
 
Salah satu bentuk kolaborasi yang telah dilakukan oleh SnackVideo adalah bekerja sama dengan SMESCO Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) untuk pelaksanaan Indonesia Digital MeetUp 2023.

"Saat ini pemerintah sedang mendorong terjadinya kolaborasi yang kuat antara pemangku kepentingan UMKM dengan penyedia platform digital. Digitalisasi UMKM merupakan salah satu cara penting agar UMKM bisa naik kelas atau scale up," ucap Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata dikutip dari siaran persnya, Senin, 30 Oktober 2023.
 
Leonard mengapresiasi dukungan SnackVideo sebagai platform video pendek di Digital MeetUp 2023. "Sesi talkshow SnackVideo dengan peserta tentang pemanfaatan SnackVideo dalam strategi digital marketing diharapkan dapat memberi dorongan bagi para pelaku UMKM untuk segera melakukan digitalisasi agar bisnis mereka dapat naik kelas," tutur dia.
 
Head of Marketing SnackVideo Indonesia Dina Bhirawa mengungkapkan, upaya SnackVideo untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM telah berlangsung sejak kehadirannya di Indonesia, terutama lewat penggunaan video pendek dalam strategi promosi dan marketing.
 
Menurut dia dengan strategi promosi yang tepat, penggunaan video pendek dapat menjadi cara efektif untuk menjangkau target market. Apalagi dalam tiga tahun terakhir, jumlah masyarakat Indonesia yang mengakses platform video pendek meningkat sangat pesat.
 
"Kami ingin pelaku UMKM bisa terus maju dan naik kelas lewat pemanfaatan digital marketing, terutama lewat konten video pendek yang saat ini sedang happening. SnackVideo dapat menjadi platform video pendek yang tepat untuk mempromosikan bisnis mereka, karena ada 43 juta pengguna aktif bulanan SnackVideo yang tersebar di seluruh Indonesia, yang didominasi oleh generasi millenial dan Gen-Z," tutur dia.
 
Dina menambahkan, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di SnackVideo dalam implementasi marketing campaign yang sukses, sehingga penjualan produknya dapat meningkat.
 
Baca juga: Mendag: Hilirisasi Kunci Resiliensi Rantai Pasok Global
 

Promosi UMKM di SnackVideo naik 135%


Saat ini, lanjut Dina, semakin banyak pelaku UMKM yang menjadikan SnackVideo sebagai platform untuk mempromosikan produk. Sepanjang kuartal III-2023, tercatat peningkatan jumlah UMKM yang mempromosikan produknya di SnackVideo sebesar 135 persen.
 
Peningkatan ini terjadi karena semakin banyak pelaku UMKM yang melihat SnackVideo merupakan pilihan platform video pendek yang efektif dalam mempromosikan produk.
 
Selain karena karakteristik konten video pendek di SnackVideo yang relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, tim dari SnackVideo juga akan membantu dalam implementasi strategi promosi dan marketing.
 
"Saat ada pelaku UMKM yang ingin mempromosikan bisnisnya di SnackVideo, tim kami akan membantu agar strategi promosi bisa tepat sasaran. Misalnya, dengan membantu memilihkan para pengguna SnackVideo dengan demografi yang paling tepat untuk UMKM yang menjadi klien kami, di antaranya adalah usia, jenis kelamin, dan geografi," beber dia.
 
"Selain itu, kami juga memastikan tim kami dapat dengan sigap dan cepat memberi solusi dan masukan bagi klien jika menghadapi kendala, sehingga promosi berjalan efektif dan klien puas dengan layanan yang kami berikan," sambung Dina.
 
Herry Nugraha dari PT Erhanesia Digima Mukitama (Erdigma), pelaku UMKM yang memanfaatkan SnackVideo, mengakui ada berbagai keuntungan yang telah mereka dapatkan selama melakukan promosi lewat SnackVideo.
 
"Dengan promosi menggunakan konten video pendek di SnackVideo, kami bisa menjangkau pasar potensial dari seluruh pelosok Indonesia secara efektif dengan biaya yang relatif terjangkau," ucap dia.
 
Selain itu, tambah Herry, tim dari SnackVideo secara rutin memberikan update tentang program promosi dari Erdigma, sehingga pihaknya memiliki data untuk menjadi acuan untuk strategi promosi yang tepat.
 
"Tim dari SnackVideo juga dengan cepat akan merespons jika kami butuh bantuan terkait strategi promosi yang kami lakukan," ungkap Herry.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HUS)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan