"Hal ini untuk mendukung imbauan Presiden RI Joko Widodo yang meminta masyarakat tidak mudik dan selalu menjaga jarak di tengah wabah covid-19," ujar VP Public Relations KAI Yuskal Setiawan, dalam keterangannya, Sabtu, 4 April 2020.
Calon penumpang yang ingin mengembalikan uang bisa mengunjungi beberapa loket stasiun yang melayani pembatalan. Namun, jika calon penumpang ragu lantaran adanya imbauan untuk tidak keluar rumah dan takut akan tempat keramaian di tengah wabah virus korona (covid-19) bisa melalui aplikasi KAI Access.
Langkah-langkah untuk pengembalian uang dari aplikasi itu pun mudah. Pertama, calon penumpang harus memastikan mempunyai aplikasi KAI Access versi terbaru terlebih dahulu. Jika belum, pemesan atau pembeli tiket bisa mengunduhnya di Playstore maupun Appstore pada tautan ini: KAI Access

Langkah selanjutnya, masuk ke dalam aplikasi. Setelah itu, pemesan atau pembeli tiket harus mengklik 'tambahkan tiket' yang posisinya ada di beranda di aplikasi tersebut. Setelah itu aplikasi akan meminta pengguna untuk memasukkan alamat email beserta kata sandi.
Setelah mengisi, pemesan atau calon penumpang harus memasukkan kode booking yang ada di tiket pesanan. Kode pemesanan harus sesuai dengan yang ada di tiket untuk selanjutnya disamakan dengan data yang dimiliki PT KAI.

Setelah memasukkan kode booking, aplikasi akan memunculkan detail perjalanan yang dipesan. Lalu, pembeli tiket atau calon penumpang harus mengklik menu pembatalan tiket untuk meneruskan ke pengembalian uang.
Baca juga: Pengembalian 100% Pembatalan Tiket Kereta Api Diperpanjang

Terakhir, calon penumpang diminta mengisi nomor rekening untuk pengembalian uang tiket. Pengembalian uang perjalanan dijamin 100 persen oleh PT KAI.
Pastikan ketika registrasi menggunakan identitas KTP yang sama dengan tiket pembelian. Jika tidak, proses pengembalian uang tidak bisa dilakukan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News