?BP2MI Berangkatkan 334 Calon PMI ke Korea Selatan. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman.
?BP2MI Berangkatkan 334 Calon PMI ke Korea Selatan. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman.

BP2MI Berangkatkan 334 Calon PMI ke Korea Selatan

Yurike Budiman • 16 Agustus 2022 09:05
Jakarta: Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) kembali melepas ratusan calon PMI ke Korea Selatan. Adapun sebanyak 334 orang akan diberangkatkan ke Negeri Gingseng pada Senin, 15 Agustus 2022 malam.
 
"Hari ini kita tandai dengan 334 yang akan terbang malam ini dan sisanya besok," kata Kepala BP2MI Benny Rhamdani, di Hotel El Royale, Kelapa Gading, Senin, 15 Agustus 2022.
 
Dengan keberangkatan calon PMI ke Korea hari ini, total PMI yang sudah dilepas ke Korea Selatan secara resmi menginjak angka 5.400 orang. Benny mengatakan, selama enam bulan terakhir, penempatan seluruh pekerja migran dengan skema G to G dan P to P, telah mencapai 88 ribu PMI.
 
Baca juga: Gaji TKI di Taiwan Naik hingga Rp 9,9 Juta, DPR Apresiasi BP2MI

"120 ribu minimal dalam 2022 ini menjadi target ya Insyaallah kita capai untuk 69 negara penempatan. Insyaallah sesuai target karena situasi covid tahun lalu kan hanya 72 ribu dalam satu tahun, nah ini baru enam bulan sudah 88 ribu," kata Benny.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nantinya pelepasan PMI akan terus berlanjut hingga akhir 2022 ini. BP2MI akan tetap melangsungkan acara-acara glorifikasi untuk memberangkatkan para calon PMI.
 
"Ini menjadi penting untuk menunjukkan penempatan yang dilakukan secara resmi, negara hadir dengan berbagai fasilitas disiapkan oleh negara dalam berbagai bentuk kemudahan," kata Benny.
 
Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu mengapresiasi langkah BP2MI dalam memberangkatkan ribuan pekerja ke negara-negara lain.
 
"Upaya yang dilakukan oleh BP2MI untuk memartabatkan pekerja migran Indonesia yang akan bekerja ke luar negeri. Misalnya tadi dari fasilitas, fasilitas sebelum keberangkatan. Kemudian pada saat akan diberangkatkan di bandara ternyata memiliki line khusus," kata Masinton.
 
(AHL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif