Foto: dok MI.
Foto: dok MI.

Total Penerima Subsidi Gaji Rp600 Ribu yang Lolos Validasi 12,4 Juta

Ekonomi BPJS Ketenagakerjaan Kemenaker Berita BPJAMSOSTEK Bantuan Langsung Tunai
Media Indonesia.com • 02 Oktober 2020 08:32
Jakarta: BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) mencatat total data peserta yang lolos validasi Bantuan Subsidi Upah (BSU) berjumlah total 12.418.588 data pekerja.
 
"Data ini sesuai dengan kriteria Permenaker, yang diserahkan berjumlah total 12.418.588 data pekerja," ujar Direktur Utama BPJamsostek Agus Susanto, dikutip dari mediaindonesia.com, Jumat, 2 Oktober 2020.
 
Agus mengingatkan bahwa setiap data nomor rekening yang diserahkan telah melakukan tahapan validasi berlapis agar sasaran penerima BSU ini tepat sasaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahapan berlapis yang dimaksud adalah proses validasi perbankan yaitu keaktifan nomor rekening pekerja. Kemudian validasi kesesuaian data dengan kriteria dari Kemnaker yang kemudian dilanjutkan dengan proses validasi ketunggalan data di BPJamsostek.
 
BPJamsostek pun sudah menyerahkan data nomor rekening pekerja untuk gelombang kelima atau terakhir kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) terkait BSU pada Rabu, 30 September 2020.
 
Hal ini merupakan komitmen bersama antara Kemenaker dengan BPJamsostek untuk secara bertahap menyerahkan data nomor rekening pekerja yang terbagi dalam lima gelombang.
 
"Penyerahan data gelombang V ini merupakan hasil tindak lanjut dari data pekerja yang tidak lolos validasi perbankan untuk kemudian datanya diperbaharui dan disampaikan kembali kepada BPJamsostek," jelasnya.
 
Berbagai upaya dilakukan BPJamsostek dalam merangkul perusahaan dan pekerja dalam melakukan pengkinian data, seperti melakukan sosialisasi ataupun pendekatan langsung ke perusahaan, hingga pemberitahuan secara personal melalui layanan SMS (short message service/pesan singkat) langsung ke telepon seluler peserta.
 
Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa melalui pendekatan personal via SMS yang berisi tautan unik, memungkinkan peserta untuk langsung melakukan pengkinian data. Namun peserta yang mendapatkan SMS ini hanya bagi peserta yang nonaktif terhitung periode Juni 2020 dan setelahnya.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif