Ilustrasi pelabuhan di Indonesia - - Foto: dok MI
Ilustrasi pelabuhan di Indonesia - - Foto: dok MI

21 Pelabuhan Segera Terapkan Inaportnet

Ekonomi pelabuhan Kementerian Perhubungan
Media Indonesia • 18 November 2020 17:39
Jakarta: Sebanyak 20 pelabuhan di Indonesia siap mengimplementasikan Inaportnet tahun ini. Portal elektronik terbuka ini dapat memfasilitasi pertukaran data dan informasi untuk layanan kepelabuhanan secara cepat.

Pelabuhan yang menandatangani Pakta Integritas Penerapan Inaportnet ini ialah Pelabuhan Tanjung Buton, Patimban, Palu, Kuala Tanjung, Kijang, Sunda Kelapa, Tanjung Wangi, Lembar, Kupang, Sampit, Tarakan, Manado, Pare-Pare, Gorontalo, Biak, Bau-Bau, Kepulauan Seribu, Marunda, Muara Angke, dan Satui.
 
"Pada hari ini sebanyak 20 pelabuhan telah melakukan tanda tangan Pakta Integritas Penerapan Inaportnet. Total jumlah pelabuhan yang menerapkan Inaportnet pada 2020 adalah sebanyak 21 pelabuhan,” ungkap Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Antoni Arif Priadi dikutip dariMedia Indonesia, Rabu, 18 November 2020.
 
Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus H Purnomo menambahkan penandatangan Pakta Integritas ini merupakan awal dalam implementasi Inaportnet, guna menciptakan transparansi pelayanan operasional kapal dan barang di pelabuhan serta alat monitoring dan evaluasi untuk melakukan pembinaan dan pengembangan di pelabuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sistem digitalisasi ini mau tidak mau harus dilaksanakan secepat mungkin pada semua kegiatan termasuk dalam pelayanan di pelabuhan," tutur Agus.
 
Menurutnya, penerapan Inaportnet di Pelabuhan menjadi suatu keharusan dalam rangka meningkatkan pelayanan kapal dan barang di pelabuhan agar dapat berjalan cepat, transparan, dan terstandar dengan biaya terjangkau sehingga dapat meningkatkan daya saing pelabuhan di Indonesia.
 
"Untuk itu, semua unsur terkait baik Pemerintah, Badan Usaha Pelabuhan (BUP) seperti PT. Pelabuhan Indonesia (persero) maupun Perusahaan Pelayaran harus saling mendukung agar pelayanan pelabuhan berjalan dengan lancar sehingga menunjang pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Agus.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif