Kampanye semangat lokal ini disampaikan Director of Business (Fashion & FMCG) Shopee Indonesia Putri Lukman dalam sebuah talkshow bertajuk 'Rayakan Semangat Lokal di tengah Era Digital bersama Shopee' yang digelar di Lumpang Emas Signature, Jakarta Selatan, Kamis, 15 Agustus 2024. Pada acara tersebut, ia memulai diskusi dengan mengungkapkan makna dari sebuah kemerdekaan.
"Buat Shopee, kemerdekaan itu juga salah satu hal yang penting banget. Kita memaknai kemerdekaan itu sebagai kesempatan akses buat semua rakyat Indonesia dan individu rakyat Indonesia untuk bisa mewujudkan mimpinya. Baik dari platform Shopee atau tidak dari platform Shopee juga bisa. Yang penting semua punya akses yang sama untuk mewujudkan mimpinya mereka," ujar Putri.
"Dari Shopee, kami melihat apa sih yang kita bisa bantuin untuk masyarakat Indonesia mewujudkan mimpinya? Kami sebenarnya punya misi yang lumayan lain dengan ini, untuk terus meningkatkan kualitas hidup seluruh pengguna kita melalui pengalaman belanja online yang terbaik dan interaktif," lanjutnya.
Sejauh ini, Putri mengatakan Shopee sudah melakukan berbagai upaya agar masyarakat bisa memenuhi keinginannya sekaligus meningkatkan kualitas hidup melalui platform mereka. Salah satunya melalui upaya mendukung brand lokal dan UMKM.
"Kita mau bantu dan brand lokal, UMKM, dan pengguna kita untuk bisa mendapatkan pengalaman yang terbaik, bisa memenuhi kebutuhan mereka juga di Shopee," tutur Putri.
Upaya mendukung brand lokal dan UMKM ini juga menjadi salah satu cara Shopee menggaungkan semangat lokal dalam momentum hari kemerdekaan Indonesia. Pada saat bersamaan, Shopee juga menjadi wadah yang memberikan kemudahan akses bagi pengguna untuk berbelanja produk lokal.
"Sejak hadir di Indonesia, Shopee telah menciptakan akses inklusif untuk memberdayakan lebih banyak pelaku usaha lokal berkembang. Hal ini terlihat, di mana 93 persen transaksi di platform berasal dari produk-produk lokal pada 2023," ujar Putri.
"Tidak hanya itu, hadirnya fitur serta program seperti Shopee Pilih Lokal, merupakan bentuk nyata dukungan untuk memberikan panggung terhadap pelaku usaha lokal serta menambah eksposur bagi banyak produk lokal unggulan. Inovasi ini pun berhasil mencatatkan lebih dari 29 juta kunjungan laman Shopee Pilih Lokal selama paruh pertama tahun 2024," lanjutnya.
Baca: E-Commerce Ini di Posisi Teratas Indikator Kepuasan Pembeli hingga Penjual Brand Lokal & UMKM, Apa Strateginya? |
Upaya Shopee untuk menggaungkan semangat lokal mendapat dukungan dari sejumlah pihak. Mulai dari artis Tanah Air Prilly Latuconsina, content creator Dara Sarasvati, hingga brand lokal MINE.
Mereka hadir dalam acara talkshow ini untuk berbagi kisah inspiratif dalam mengisi momen kemerdekaan melalui peran yang beragam. Termasuk, dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang dihadirkan Shopee untuk menunjang kebutuhan mereka dalam berkarya dan berkontribusi.
Pada kesempatan itu, Prilly mengungkapkan pandangannya terhadap pentingnya mendukung kearifan lokal. Menurutnya, dengan memahami dan mencintai kearifan lokal dapat menjadi langkah awal untuk berkontribusi melestarikan nilai budaya lokal di tengah era digital.
Kecintaannya terhadap kearifan lokal ia lakukan dalam kehidupan sehari-harinya. Terutama dalam menjalani profesinya sebagai aktris dan juga sebagai public figure.
"Dalam merayakan semangat lokal, aku sendiri memiliki berbagai cara. Baik secara profesional serta sebagai pribadi aku. Berkolaborasi memperkenalkan keindahan destinasi wisata Indonesia, membangun gerakan kolektif yang sadar akan isu sosial dan budaya hingga memperkenalkan bahasa ataupun adat melalui pakaian saat film ku ditampilkan pada festival Internasional," kata Prilly.
Tidak hanya itu, Prilly pun sadar, sebagai public figure, dapat memanfaatkan media sosial untuk terus menyadarkan masyarakat akan pentingnya melestarikan budaya di tengah era digital. Itu pun banyak cara, seperti share pakaian atau kebutuhan perawatan kecantikan dari brand-brand lokal apa saja yang digunakan.
"Apalagi dengan adanya laman Shopee Pilih Lokal, yang menawarkan kita berbagai produk lokal dari ragam kategori. Selain memenuhi kebutuhan, aku juga bisa menambah pengetahuan. Tak jarang, aku pun ikut merekomendasikan sejumlah produk lokal yang aku pakai kepada followers di sosial media karena aku menyadari apa yang aku lakukan dan gunakan dapat menginspirasi banyak orang," jelas Prilly.
Baca: Ketepatan Waktu Jadi Rahasia Sukses Xaviera dan Sandy Clash of Champions, Makanya Mereka Belanja di Shopee! |
Semangat yang sama mendukung kearifan lokal juga diungkapkan content creator, Dara Sarasvati. Dalam acara bersama Shopee ini, Dara bercerita mengenai mimpi dan upayanya melestarikan budaya Indonesia, termasuk melalui konten-konten kreatif yang dibuatnya.
Lahir dan besar di berbagai daerah, tumbuh kembang perempuan yang akrab disapa Dara ini dipengaruhi oleh banyak kebudayaan. Hal itu memotivasi dirinya untuk terus berkreasi membawa unsur kebudayaan menjadi konten kreatif di sosial media.
Dara mulai berkarya dengan membuat konten yang mengangkat busana tradisional dari berbagai daerah, hingga beragam pakaian khas tokoh legendaris seperti Roro Jongrang, Nyi Roro Kidul, dan Ken Dedes. Melalui beragam karyanya, ia berharap perannya dalam memperkenalkan keindahan pakaian adat khas Nusantara dapat menginspirasi banyak orang untuk ikut bergabung bergotong royong melestarikan kebudayaan lokal.
Guna memenuhi kebutuhan kontennya, Dara memanfaatkan fitur-fitur dan platform digital. Termasuk membeli kebutuhan pakaian adatnya melalui platform belanja online, Shopee.
"Di era digital ini, aku meyakini kemerdekaan adalah kebebasan bagi setiap orang untuk menyuarakan ide dan berbagi kreativitas melalui teknologi. Seperti Shopee yang selama ini sangat membantuku dalam memenuhi berbagai kebutuhannya dalam berkarya. Mulai dari fitur Shopee Mall, yang memberikan pengalaman belanja yang sangat nyaman dan aman dengan jaminan produk 100% ori," kata Dara.
"Aku juga gemar mencari ragam inspirasi fashion dan beauty terbaru melalui fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video. Biasanya, aku rutin mengisi waktu luang untuk menonton konten di kedua fitur interaktif tersebut sebagai menjadi bahan pertimbangan keputusan sebelum check-out produk. Setiap berbelanja melalui fitur Shopee Live dan Shopee Video, aku merasa terhubung lebih dekat dengan para penjual sehingga mampu mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk yang ingin aku beli," lanjutnya.
Pengalaman brand lokal MINE Perfumery bersama Shopee
Hadir pula CEO brand parfum lokal, MINE, Shan Felita dalam acara tersebut. Ia turut mendukung semangat lokal yang digaungkan Shopee.Baca: Flash Sale Mobil Cuma Rp8 Ribu di Shopee Live Malam Ini Bersama Mami Louisse |
Dalam acara ini, ia bercerita mengenai awal mula brand tersebut berdiri. Ia mengaku ingin mendirikan brand dikala belum banyak yang menawarkan varian wangi luxurious dengan semangat memajukan industri dalam negeri.
Sejak berdiri, MINE Perfumery memiliki pendekatan produksi parfum yang bermutu kualitas tinggi agar sejajar dengan standar brand parfum internasional. Bekal pengetahuan tersebut diperoleh oleh sang CEO melalui pengalamannya saat bekerja di kota ‘pusat mode dunia’, Paris. Melalui produk-produknya, MINE. Perfumery berupaya mengenalkan keberagaman budaya Indonesia dengan menggunakan bahan alami dari Indonesia dengan grade terbaik. Contohnya, seperti minyak Patchouli dari Sulawesi yang menghasilkan racikan wangi lebih deep, earthy dan luxurious.
Tidak hanya itu, untuk terus membawa semangat lokal di setiap tanggal 17 Agustus, MINE kerap menghadirkan parfum edisi terbatas dengan nama UNBOUND, yang artinya tidak terikat. Ini merepresentasikan budaya Indonesia, dari masa lalu, masa kini dan masa depan. Produk ini menggunakan wewangian yang merepresentasikan Indonesia melalui rempah-rempah, seperti cengkeh, pala, dan kayu cendana demi menggambarkan kekayaan alam Indonesia.
"MINE Perfumery memiliki semangat untuk mengedukasi masyarakat mengenal keunikan sensasi wangi parfum berbahan baku kekayaan alam Indonesia yang berkualitas global. Semangat ini kami realisasikan dengan memanfaatkan peluang yang dihadirkan platform e-commerce, seperti Shopee untuk memperluas jangkauan kreasi parfum MINE agar dapat dinikmati seluruh masyarakat," kata Shan.
Dari tahun ke tahun, MINE terus mengoptimalkan fitur yang dihadirkan oleh Shopee. Terbaru, MINE juga memanfaatkan fitur Shopee Live yang saat ini banyak menarik perhatian konsumen dan memberikan pengaruh signifikan.
Salah satunya terlihat pada puncak kampanye 8.8 kemarin, MINE Perfumery mengalami peningkatan pesanan hingga 17 kali lipat dibandingkan hari biasa. Dampak signifikan ini dipengaruhi oleh peran Shopee Live yang menawarkan kemudahan bagi pelaku usaha untuk lebih dekat dengan para konsumen jelas Shan Felita, CEO MINE Perfumery.
Sejalan dengan semangat rayakan lokal, Shopee kembali menghadirkan kampanye 17.8 Festival Pilih Lokal yang berlangsung sejak 9 hingga 17 Agustus 2024. Sepanjang kampanye berlangsung, Shopee berkolaborasi bersama mitra UMKM dan brand lokal untuk menghadirkan berbagai ragam pilihan produk dari berbagai kategori untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan berbagai promo menarik seperti Flash Sale RP17, Gratis Ongkir RP0 Se-Indonesia dan Ekstra Diskon 79%.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai Shopee 17.8 Festival Pilih Lokal, kunjungi https://shopee.co.id/m/shopee-pilih-lokal. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id