ADHI Bangun Jalur Kereta U-Shaped Girder Terpanjang di Indonesia. Foto: dok Adhi Karya.
ADHI Bangun Jalur Kereta U-Shaped Girder Terpanjang di Indonesia. Foto: dok Adhi Karya.

ADHI Bangun Jalur Kereta U-Shaped Girder Terpanjang di Indonesia

Ekonomi adhi karya lrt proyek lrt
Rizki Yanuardi • 28 Agustus 2020 19:28
Jakarta: PT Adhi Karya Tbk (ADHI) membangun jalur kereta dengan struktur u-shaped girder pertama dan terpanjang di Indonesia.
 
"Karya ini merupakan hasil kerja keras dan inovasi yang terus dikembangkan ADHI dengan dedikasi yang tinggi untuk Negeri," kata Corporate Secretary ADHI Parwanto Noegroho, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Agustus 2020.
 
Dia mengatakan perseroan telah meletakkan u-shaped girder terakhir pada lintas pelayanan Cawang-Kuningan-Dukuh Atas di Jalan Jenderal Sudirman, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada pemasangan terakhir ini, berat u-shaped girder yang dipasang sebesar 148 ton dan memiliki panjang 30 meter. Total u-shaped girder yang terpasang mencapai 2.902 unit girder dengan total panjang keseluruhan lebih dari 43 kilometer (km).
 
Menurut dia, jalur kereta ini akan dicatatkan pada Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan tiga rekor yakni pemakaian u-shaped girder pertama di Indonesia, pembangunan jalur kereta dengan struktur u-shaped girder terpanjang di Indonesia dengan total mencapai 43.057 km, serta zero accident dalam pengiriman u-shaped girder dengan total 2.902 kali perjalanan.
 
Dia menjelaskan dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 beserta perubahannya, ADHI dinyatakan sebagai kontraktor pelaksana dari pembangunan kereta api ringan/LRT di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi-LRT Jabodebek.
 
"Pembangunan ini meliputi pekerjaan jalur termasuk konstruksi jalur layang, pembangunan stasiun, fasilitas operasi, serta pembangunan depo," tambahnya.
 
LRT Jabodebek fase I dibangun dengan menggunakan struktur jalur layang pada umumnya. Struktur ini merupakan teknologi u-shaped girder atau gelagar berbentuk huruf u yang diadopsi dari Prancis.
 
Dia menjelaskan teknologi ini dipilih karena desainnya ramping, sesuai dengan ketersediaan ruang pada kota-kota yang padat dengan struktur ruangnya seperti di Jakarta.
 
Selain ramping, desain ini memiliki berbagai keunggulan antara lain memiliki kelebihan tahan gempa dan mampu meredam kebisingan. Struktur ini juga menyediakan walkway atau ruang untuk berjalan.
 
"Di samping penggunaan u-shaped, LRT Jabodebek menggunakan teknologi third rail untuk mendistribusikan pasokan listriknya, sehingga tidak ada kabel melintang di atas jalur yang akan menambah estetika dan ramah dengan arsitektur kota Jakarta," jelasnya.
 
Di sisi lain, lanjutnya, dalam kondisi di tengah wabah covid-19, perseroan selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pekerjanya. Sebagaimana dalam peraturan pemerintah bahwa konstruksi merupakan kegiatan yang dikecualikan dan tetap diizinkan berjalan.
 
"Dalam pelaksanaannya, ADHI menjalankan kegiatan konstruksi dengan protokol pencegahan covid-19 dengan ketat mulai dari manajemen ADHI sampai di tingkat pelaksana lapangan termasuk tenaga kerjanya," pungkas dia.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif