Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury. FOTO: MI/PANCA SYURKANI
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury. FOTO: MI/PANCA SYURKANI

Pemerintah Dorong Pembentukan Badan Investasi Baru untuk Sektor Potensial

Ekonomi investasi startup Bio Farma Kementerian BUMN
Annisa ayu artanti • 12 Mei 2022 12:34
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana membuat lebih banyak badan investasi bagi pengembangan startup untuk sektor-sektor potensial. Hal itu dengan harapan berdampak positif terhadap perekonomian nasional di tengah upaya pemulihan.
 
Sebelumnya, MDI Ventures dan Bio Farma telah meluncurkan Bio-Health Fund yaitu sebuah badan investasi yang melakukan pendanaan tahap awal dan tahap pengembangan bagi startup yang berfokus pada kategori Biotek dan layanan kesehatan.
 
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan kedepannya MDI Ventures diproyeksikan dapat bekerja sama dengan BUMN-BUMN lainnya untuk membuat badan investasi serupa. Salah satunya dengan BUMN Pangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tantangan selanjutnya adalah pangan, setelah pengembangan di bidang kesehatan selanjutnya diupayakan kerja sama antara MDI Ventures dengan BUMN di bidang pangan seperti PTPN, ID Food, dan Perhutani untuk mengembangkan industri pangan," kata Pahala, melalui keterangan resmi Kementerian BUMN, Kamis, 12 Mei 2022.

Fokus membiayai proyek ramah lingkungan

Selain itu, lanjut Pahala, pihaknya membuka kemungkinan perusahaan-perusahaan energi pelat merah, seperti Pertamina untuk membentuk perusahaan modal ventura yang fokus untuk membiayai proyek-proyek ramah lingkungan.
 
"Ketiga, tantangan utama kita adalah new energy sehingga kita mendorong Pertamina membangun new venture untuk pengembangan new energy,” ucapnya.
 
Seperti diketahui, Bio-Health Fund diposisikan sebagai bentuk sinergi strategis antara Bio Farma dan MDI Ventures yang menggabungkan posisi kokoh di lanskap kesehatan Indonesia dengan keahlian berinvestasi dan membangun nilai dengan startup.
 
Fund tersebut akan mendukung para pendiri startup yang bersemangat untuk menciptakan peluang pertumbuhan pendapatan melalui sharing economy dan menyediakan akses yang lebih baik, lebih murah, dan lebih cepat ke layanan dasar seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan keuangan.

 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif