Ilustrasi SPBU mini - - Foto: MI/ Bary
Ilustrasi SPBU mini - - Foto: MI/ Bary

Rest Area Dibatasi 30 Menit, Aman Ada SPBU Mini Pertamina

Ekonomi Mudik Lebaran Pertamina BBM SPBU Rest area Info Mudik Mudik 2022
Insi Nantika Jelita • 25 April 2022 19:40
Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyiapkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) modular atau mini di tempat peristirahatan atau rest area saat periode mudik Lebaran 2022.
 
Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan, upaya ini sebagai antisipasi membludaknya pemudik yang ingin mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU. Selain itu, kunjungan di rest area pun dibatasi hanya 30 menit untuk pemudik.

 
"Di 81 rest area kami tempatkan masing-masing dua modular SPBU, semacam SPBU mini untuk memecah antrean apabila nanti konsumen membludak di situ," ujarnya saat konferensi pers virtual, Senin, 25 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertamina, ungkapnya, akan memberikan informasi mengenai titik mana saja di rest area yang tersedia SPBU modular. Hal ini untuk memberikan pilihan ke pengemudi untuk mengisi bensin di rest area.
 
"Kami memberikan informasi titik-titik di mana rest area yang ada modular tersebut, sehingga pengendara akan mengambil keputusan lebih bijak. Apakah singgah di rest area ini atau tempat lain," jelas Alfian.
 
Untuk informasi tersebut, masyarakat bisa mengakses melalui call center 135 agar mengetahui keberadaan SPBU mini tersebut. Selain itu, Pertamina juga menyediakan sekitar 144 mobil tangki cadangan di beberapa SPBU.
 
"Hal ini untuk memecah antrean di rest area. Sehingga waktu yang ada di rest area tertampung hingga mobil konsumer mendapatkan BBM dan melanjutkan perjalanan," kata Alfian.
 
Secara umum, kondisi ketersediaan (stok) BBM untuk periode hari raya Idulfitri 1443 H/2022 M ini dipastikan aman. Diperkirakan terjadi kenaikan konsumsi BBM selama arus mudik dan balik sekitar 30 persen dibanding keadaan normal.
 
Untuk stok BBM jenis pertalite saat ini masih terjadi selama 17 hari, pertamax masih tersedia dengan kebutuhan 32 hari, pertamax turbo dengan 59 hari, solar untuk 21 hari, dexlite terjaga dengan 20 hari, pertamina DEX dengan 72 hari, dan stok kebutuhan avtur aman selama 37 hari. 

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif