UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) dan berlangsung selama empat hari, pada 7-10 Desember 2023. Tahun ini merupakan pameran kelima yang diselenggarakan BRI. Adapun tema yang diusung untuk tahun ini, yakni 'Crafting Global Connection' atau merakit koneksi global.
Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan program UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 menjadi salah satu langkah konkret perseroan sebagai lembaga keuangan yang turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia.
"BRI melihat adanya peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Hasil karya anak bangsa dinilai memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara-negara lain," kata Sunarso.
Baca juga: Dorong UMKM Go International, BRI Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 |
Sunarso juga mengungkapkan pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR selalu memberikan efek positif. Dari lima penyelenggaraan, Sunarso mengaku nilai kesepakatan melalui business matching terus bertambah.
Pada 2019 sebesar USD33,5 juta, naik pada 2020 menjadi USD57,5 juta dan pada 2021 kembali meningkat menjadi USD72,1 juta. Pada 2021 menjadi sangat menarik karena UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR dilakukan secara virtual akibat pandemi. Kemudian pada 2022 lalu nilainya menembus USD76,7 juta. Pada penyelenggaraan tahun 2023 ini, pihaknya menargetkan nilai kontrak sebesar USD80 juta.
Selain economic value creation, UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR juga menjadi perwujudan komitmen BRI untuk meningkatkan social value creation dengan berperan aktif dalam mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas serta kualitas UMKM di Indonesia.
Dengan adanya penyelenggaraan ini juga diharapkan bisa membangun kepercayaan diri UMKM kembali agar berani tampil di pasaran mancanegara, dan menguatkan pemasaran di pasar lokal melalui perluasan channel penjualan di platform e-commerce.
Baca juga: Gelar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR ke-5, Upaya BRI Wujudkan Harapan Pemerintah Bentuk Ekosistem UMKM |
"Melalui UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, kami berharap dapat memberikan dampak positif dan meluas pada kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas UMKM Indonesia," jelas Sunarso.
Dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi. Sebanyak 378 UMKM di antaranya adalah pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 153 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya.
Kemudian 32 UMKM merupakan member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) dan 9 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM. UKM tersebut berasal dari berbagai daerah yang akan menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.
Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang dapat berpartisipasi yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News