Pertamina SMEXPO merupakan upaya perseroan dalam menggalakkan dan mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).
Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan para mitra binaan berhasil menjual 4.285 produk makanan dan 3.474 produk non makanan dengan nilai transaksi menembus angka Rp147,7 juta.
Pencapaian yang diraih dalam Pertamina SMEXPO Yogyakarta itu menurutnya merupakan semangat dan inovasi produk yang ditampilkan dari para UMKM mitra binaan.
“Pencapaian Pertamina SMEXPO Yogyakarta 2024 dapat diraih karena semangat mitra binaan dalam membuka pasar, mencari strategi berjualan, dan menyediakan produk-produk terbaik untuk menarik pengunjung," kata Fadjar dalam keterangan tertulis, Rabu, 4 September 2024.
Baca juga: Begini Cara Dongkrak UMKM Bangun Ekosistem Digital |
Fadjar juga merinci, dalam Pertamina SMEXPO Yogyakarta para UMKM binaan telah mendapatkan komitmen pesanan ratusan produk dengan potensi nilai transaksi hingga mencapai Rp2,5 miliar.
Pesanan tersebut terdiri produk fashion (seragam), craft (souvenir korporasi dan dekorasi interior) dan F&B (minuman herbal tradisional).
Ia mengatakan melalui expo ini Pertamina mendorong lahirnya UMKM lokal berdaya saing melalui pembinaan UMKM Pertamina, strategi pemasaran, peningkatan kualitas produk dan mentalitas entrepreneur.
"Semoga agenda tahunan ini yang dapat membuat UMKM Lokal menjadi lebih vokal sehingga memiliki daya saing tinggi di lingkup nasional maupun global," ujar dia.
Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari juga berharap Pertamina SMEXPO kali ini mampu menularkan manfaat yang berkelanjutan bagi para UMKM mitra binaan.
“Saat kami ditunjuk sebagai tuan rumah Pertamina SMEXPO Yogyakarta 2024, poin utama yang kami tekankan adalah manfaat yang berkelanjutan. Mendorong para pengunjung agar tidak hanya sekali-dua kali membeli tetapi menjadi pelanggan tetap,” ungkap Agus.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News